Connect with us

METROPOLITAN

Diresmikan Kasad Jendral TNI Mulyanto, Kodim 0510/Tigaraksa Bawahi 14 Koramil

Published

on

TNI

Peresmian Kodim 0510/Tigaraksa (Banten Hits/Yogi Triandono).

Tangerang – Kasad Jenderal TNI Mulyono meresmikan Markas Komando Distrik Militer (Kodim) 0510/Tigaraksa di Jalan Moh. Atik Soehardi, Komplek Pemda Tigaraksa, Kelurahan Kadu Agung, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Kamis (8/2/2018).

Mulyono mengatakan, pembentukan Kodim 0510/Tigaraksa tersebut untuk mendukung segala bentuk pengamanan di wilayah Kabupaten Tangerang.

“Kayanya kalo ada penambahan Polres, Kodim, Pak Bupati dan Pak Gubernur merasa aman yah kira-kira seperti itu,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Kodim 0510/Tigaraksa ini akan membawahi 14 Koramil yang sebelumnya berada di bawah Kodim 0506/Tangerang. Pengembangan tersebut juga lantaran adanya perubahan tingkatan di wilayah Kabupaten Tangerang.

“Ini kan pengembangan dari Kodim 0506/Tangerang yah, kalau dulu tingkat dua sudah berkembang menjadi tingkat tiga jadi kalau Kodimnya cuma satu rasanya kurang, tapi Koramilnya tetap yang lama, hanya saja 14 Koramil dialihkan ke Kodim 0510/Tigaraksa,” ungkapnya.

BACA :  PBP Galang Dana untuk Penderita Kanker Payudara di Pandeglang

Pihaknya pun akan mengevaluasi terlebih dahulu mengenai kebutuhan penambahan Koramil baru usai pengembangan Kodim ini. Namun untuk saat ini, pihaknya masih akan melakukan evaluasi.

“14 Koramil ini untuk sementara kita evaluasi apakah cukup melakukan fungsinya atau tidak, tapi kalau tidak, akan kita evaluasi tentunya melalui kajian,” tuturnya.

Ia berharap, dengan adanya penambahan Kodim keamanan masyarakat terutama hingga tingkat desa dapat lebih terjaga. Selain itu, sinergitas tiga pilar pun diharapkan dapat lebih terjalin.

“Harapan ujung tombak tiga pilar itu adalah babinsa, babinkabtibmas dan tokoh masyarakat atau Kepala Desa. Jika tiga pilar ini benar dalam menjalankan fungsinya membina masyarakat, memberdayakan masyarakat, saya yakin tidak akan ada celah-celah kejahatan bisa masuk,” jelasnya.

BACA :  Rombongan Gubernur Banten Diserang, Masyarakat Adat Cisungsang Siaga Jaga Rano Karno

Sementara itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, pengembangan Kodim ini menjadi salah satu harapan Pemda untuk lebih dapat bersinergi menjaga keamanan di wilayah Kabupaten Tangerang. Pasalnya, populasi maupun luas wilayah di Kabupaten Tangerang cukup tinggi.

“Kabupaten Tangerang merupakan daerah urban, tentunya dinamika sosial ekonomi masyarakat cukup tinggi. Dengan adanya Kodim ini diharapkan jajaran kita lengkap dan dapat bersinergi dengan Pemda setempat dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” tandasnya.

Untuk diketahui, peresmian ini dihadiri langsung oleh Gubernur Banten Wahidin Halim, Bupati Kabupaten Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Pangdam Jaya Jayakarta Mayjen TNI Jaswandi, Danrem 052/Wijayakrama Kol. Inf Iwan Setiawan, Danrem 064/Maulana Yusuf Serang Kol Inf Czi Ito Herdiarto, Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Para Dandim, para Danyon, para Kapolres, serta Forkopimda Provinsi Banten, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda, dan Forkopimda Kabupaten/Kota Tangerang/Tangsel.(Zie)

BACA :  Penambangan Pasir oleh Queen of Nederland Bisa Picu Perlawanan Nelayan Serang



Terpopuler