Polda Banten Gelar Latihan Cyber Troops untuk Pengamanan Pilkada

Date:

Wakapolda Banten Kombes Pol. Tomex Koerniawan. (Banten Hits/ Mahyadi)

Serang – Aktivitas warga Banten di dunia maya rupanya menjadi perhatian khusus Polda Banten, terlebih menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 ini.

Untuk melakukan pengamanan Pilkada Serentak 2018 di Banten melalui pemantauan di dunia maya, Polda Banten menggelar pelatihan public relation dan cyber troops di Aula Rupatama Polda Banten, Kamis (8/2/2018). Pelatihan ini diikuti seluruh operator satuan kerja (satker) Polda Banten dan polres jajaran Polda Banten.

Wakapolda Banten Kombes. Pol. Tomex Koerniawan yang membuka kegiatan tersebut mengatakan, pelatihan bertujuan untuk membantu tugas kepolisian pada saat pelayanan publik terutama pengamanan pilkada serentak nanti di Banten.

“Sampai saat ini di wilayah Banten ada tiga titik pilkada yang rawan, tapi posisi saat ini masih stabil dan aman terkendali,” kata Tomex.

Tomex menjelaskan, Polda Banten sudah berkoordinasi dengan unsur-unsur penyelenggara pilkada terkait pengamanan pilkada serentak 2018, seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banten.

Selain pelatihan public relation dan cyber troops, lanjut Tomex, pihaknya sudah menggelar berbagai latihan, salah satunya simulasi pengamanan dalam kota (sispamkota),

“Pelatihan untuk pengamanan, baik tahapan sampai akhir pilkada, perhitungan, dan pelantikan,” pungkasnya.

Cyber troops alias pasukan dunia maya biasanya digunakan untuk membentuk opini publik di media sosial. Pada awalnya, penggunaan cyber troops di tubuh kepolisian untuk menangkal berita bohong atao hoax mengenai institusi ini.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...