Connect with us

METROPOLITAN

Dinilai Rawan Bencana, KPP Banten Akan Bangun Pos SAR di Panimbang

Published

on

KANTOR PERTOLONGAN DAN PENCARIAN (KPP) BANTEN AUDIENSI DENGAN BUPATI PANDEGLANG IRNA NARULITA BAHAS SOAL POS SAR PANIMBANG

Kantor Pertolongan dan Pencarian (KPP) Banten bertemu Bupati Pandeglang Irna Narulita membahas kesiapan penanggulangan bencana.(Banten Hits/ Engkos Kosasih)

Pandeglang – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) melalui Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Banten akan membuat Pos Search and Rescue (SAR) di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang.

Pembuatan Pos SAR tersebut untuk mempercepat koordinasi ketika terjadi bencana. Selain itu, Kecamatan Panimbang juga merupakan jalur wisatawan.

Sebelum program pembangunan Pos SAR dimulai, Kepala KPP Banten M Zaenal mengatakan, saat ini KPP Banten fokus ke Pandeglang untuk pembentukan unit siaga, setelah itu KPP akan membuat ajuan akademisi kepada Menpan RB untuk ijin pembuatan Pos SAR.

BACA :  Kasus Penculikan Tiga Siswi SDN Palahlar, Polisi Minta Semua Sekolah Pasang CCTV

“Memang tujuan kami menuju pembuatan Pos SAR, tapi sebelumnya akan membuat unit siaga terlebih dahulu karena untuk Pos SAR harus mendapatkan ijin dari Menpan RB. Kalau unit layanan cukup kepala BNPP saja,” kata Zaenal, saat audiensi dengan Bupati Irna Narulita di Pendopo, Jumat (2/3/2018).

Bupati Pandeglang Irna Narulita mendukung pembuatan Pos SAR di Panimbang, karena daerah Banten Khususnya Pandeglang sangat rawan bencana.

“Dengan adanya Pos SAR di sini akan mempermudah koordinasi saat terjadi bencana. Kadang kami kerepotan peralatan seperti perahu karet, dapur umum dan lain sebagainya,” kata Irna.

Pemkab Pandeglang juga, lanjut Irna, akan menganggarkan pembangunan fasilitas sarana Pos SAR tersebut.

BACA :  Terjebak di Lokasi Tambang Emas Eks PT Antam Lebih 24 Jam, Sembilan Warga Citorek Ditemukan Selamat

“Mudah-mudahan tahun yang akan datang kami dapat membantu untuk sarananya,” tambahnya.(Rus)



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler