Connect with us

EKONOMI & BISNIS

Terinspirasi Petani Teluk Naga, Zaki Wacanakan BUMD Fasilitasi Produk Urban Farming

Published

on

ZAKI MENINJAU KOMODITI PERTANIAN HASIL PETANI TELUK NAGA

Calon Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meninjau hasil pertanian para petani di Teluk Naga.(Istimewa)

Tangerang – Minimnya lahan, bukan hambatan bagi para petani di wilayah Tangerang Utara, khususnya Teluk Naga untuk mengembangkan potensi sektor pertanian. Masih banyak lahan tidur yang dapat dimanfaatkan untuk bercocok tanam yang dapat menghasilkan bagi masyarakat petani.

Hal itu diungkapkan Calon Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat meninjau lahan pertanian di Desa Teluk Naga, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Rabu, 21 Maret 2018.

Menurutnya, Kabupaten Tangerang merupakan wilayah yang sangat subur bagi semua komoditi tumbuhan, baik sayur mayur maupun buah-buahan.

“Urban farming (bertani di perkotaan), nantinya bukan lagi hanya sekadar sawah dan padi, tapi lebih kepada produk-produk pertaninan hortikultura, yang tidak membutuhkan lahan telalu banyak, tapi bisa dibuat produktif secara teknologi dan kebutuhan yang bisa dijalankan di Kabupaten Tangerang,” tuturnya.

Zaki mengatakan, kedepan harus ada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang mengelola dan menjual hasil dari petani kapada konsumen agar penghasilan petani dan komuditas pangan khususnya di Kabupaten Tangerang tetap terjaga dengan baik.

“Akses pasar yang tidak dimiliki oleh para petani, harus di jembatani oleh BUMD, apabila perlu nanti BUMD yang menangani seluruh produk-produk komoditi hortikultura ini,” kata Zaki.

Ia menegaskan, bahwa hampir di seluruh wilayah Kabupaten Tangerang termasuk pantura, memiliki potensi pertanian yang cukup bagus.

“Selain Teluknaga, wilayah Sepatan, Sepatan Timur, Pakuhaji, hingga Gunung Kaler memiliki potensi pertanian yang sangat baik,” ungkapnya.

Sementara itu, supplier sayur dan buah-buahan, Bagas Suratman menyambut baik rencana peningkatan pertanian hortikultura di Kabupaten Tangerang.

Ia juga berharap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, dapat mempermudah akses pemasaran melalui BUMD.

“Harapan saya khususnya Kabupaten Tangerang ini, bisa memproduksi hasil tani sendiri, karena selama ini sayuran selalu disuplai banyak dari luar daerah, dan kita hanya menjadi penonton,” tandasnya.(Rus)

Trending