Iti Dilaporkan Intimidasi Pemilih, Panwaslu Putuskan Tak Melanggar

Date:

ITI DILAPORKAN INTIMIDASI PEMILIH, PANWASLU PUTUSKAN TAK MELANGGAR
Keputusan Panwaslu Banten terkait kasus bupati Lebak petahana Iti Octavia Jayabaya yang dilaporkan intimidasi pemilih oleh Panglima Barisan Juang Kotak Kosong (Baju Koko).(Banten Hits/ Fariz Abdullah)

Lebak – Calon bupati Lebak petahana Iti Octavia Jayabaya diperiksa Panwaslu Lebak setelah dilaporkan Panglima Barisan Juang Kotak Kosong (Baju Koko) Hakiki Hakim telah mengintimidasi pemilih lewat pernyataannya saat launching Bacaleg Partai Demokrat.

BACA JUGA: Diperiksa Panwaslu, Ini Ucapan Bupati Lebak Petahana yang Dinilai Intimidasi Pemilih

Untuk menuntaskan laporan terhadap anak dari Ketua Kadin Banten yang juga mantan bupati Lebak Mulyadi Jayabaya ini, Panwaslu hanya butuh waktu satu hari.

Dalam Surat Pemberitahuan Status Laporan tertanggal 26 Maret 2018 yang ditandatangani Ketua Panwaslu Kabupaten Lebak Ade Jurkoni disebutkan Iti tidak melanggar.

“Status laporan sudah ditindaklanjuti, namun berdasarkan hasil kajian dan klarifikasi tidak memenuhi unsur karena tidak memenuhi syarat materil,” tulis surat Panwaslu itu.

Dijelaskan dalam surat tersebut, syarat yang tidak terpenuhi dalam laporan Panglima Baju Koko, yaitu tempat peristiwa terjadi bukan di wilayah pemilihan dan bukan dalam agenda kampanye. Hal itu sesuai Perbawaslu Nomor 14 tahun 2017 tentang Penanganan Laporan Pelanggaran Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan Wakil bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Pasal 13 ayat 3 dan Pasal 14 ayat 4.

“Iya suratnya sudah keluar dan sudah kita tindak lanjut, dan itu hasilnya,” kata Odong Hudori, Komisioner Panwaslu Lebak kepada Banten Hits, Senin 26 Maret 2018.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Bawaslu Banten Proses 8 Laporan Pelanggaran Pemilu, Salah Satunya Netralitas ASN

Serang- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten mengklaim tengah...

Hanya Dapat Hibah Rp16 M, Bawaslu Pandeglang Kurangi Anggaran Sosialisasi

Pandeglang - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pandeglang, menerima anggaran...

Bawaslu Banten Rekomendasikan PSU di Kabupaten Lebak dan Tangerang

Serang - Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Banten rekomendasikan...

Gelar Rapat Pleno Sengketa Pilkada Lebak di Bawaslu, Panwaslu Temukan Pelanggaran

Serang - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Banten, sudah...