Banyak Camat Tak Hadiri Pemutakhiran Data Pemilih, Asda I Pandeglang: Ini Urusan Negara Bukan Desa!

Date:

Pemutakhiran Data Pemilih
Sosialisasi tahapan pemutakhiran data pemilih di Kabupaten Pandeglang. (Foto: Engkos Kosasih/Banten Hits)

Pandeglang – Asisten Daerah (Asda) I Kabupaten Pandeglang, Agus Priyadi Mustika geram saat mengetahui banyak camat yang tidak menghadiri Sosialisasi Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih dan Penyusunan Daftar Pemilih, Selasa (3/4/2018).

“Ini para camat ke mana? Masa di acara penting ini tidak hadir, nanti ke depan kalau camat tidak bisa hadir wakilkan,” ujar Agus.

Agus mengingatkan betapa pentingnya kegiatan tersebut sehingga perlu dihadiri oleh para pemimpin wilayah. Pasalnya, sosialisasi tersebut berkaitan nantinya dengan Pemilu 2019.

“Ini urusan negara bukan desa loh! Kalau camatnya tidak tahu bagaiamana mau mensosialisasikan ke masyarakat,” tegas Agus.

Menurut Agus, acara yang di adakan oleh KPU tersebut sangatlah penting, karena berkaitan dengan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019. Kata dia, kalau camat tidak hadir bagaimana dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat.

Kekhawatiran KPU adalah soal identitas kependudukan yang menjadi penghambat bagi pemilih untuk menggunakan hak suaranya. Untuk itu KPU berharap, camat bisa menginstruksikan kepala desa untuk melengkapi data kependudukan warganya.

“Melihat proses kegiatan yang sudah terlewati pada pilgub lalu, kebijakannya soal KTP elektronik. Sementara masih banyak warga masyarakat yang belum memiliki KTP elektronik. Dari hasil pilgub, ada sekitar 70.000 pemilih

yang belum mempunyai KTP elektronik,” ungkap Ketua KPU Pandeglang, Ahmad Suja’i.(Nda)

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...

Pemindah-tanganan Aset Karantina Hewan Pemkab Tangerang yang Kini Diduga Dikuasai Pengembang Masih Misterius

Berita Tangerang - Proses pemindah-tanganan aset milik Pemkab Tangerang...