Soal Potensi Tsunami 57 Meter di Pandeglang, BPBD Yakin Warga Memahami Risiko Bencana

Date:

IMBAUAN BPBD PANDEGLANG SOAL POTENSI TSUNAMI 57 METER DI PANDEGLANG
Imbauan BPBD Pandeglang terkait potensi tsunami 57 meter di Pandeglang.(FOTO: Dok.BPBD Pandeglang)

Pandeglang – Peneliti tsunami pada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Widjo Kongko memprediksi potensi tsunami 57 meter di Kabupaten Pandeglang dan sejumlah wilayah lainnya di Provinsi Banten dan Jawa Barat.

BACA JUGA: BPPT Sebut Potensi Tsunami 57 Meter di Pandeglang, BMKG: Waspada dan Jangan Panik!

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Pandeglang Asep Rahmat mengimbau masyarakat Pandeglang tetap menjalankan aktivitasnya seperti biasa.

Asep meyakini, masyarakat Kabupaten Pandeglang merupakan masyarakat yang tangguh dan mampu memahami setiap risiko kebencanaan karena mereka selama ini hidup berdampingan dengan bencana.

“Intinya tidak perlu panik! Kita masyarakat yang tangguh, masyarakat yang memahami risiko bencana, karena kita hidup berdampingan dengan bencana, dan jika pun hal itu terjadi kita adalah masyarakat yang mampu menyelamatkan diri dan menyelamatkan orang lain,” kata Asep.

Asep juga menegaskan, sepanjang pantai Pandeglang saat ini sudah dipasangi alat tsunami early warning system alias alat pendeteksi dini tsunami.

Secara geografis, lanjut Asep, Kabupaten Pandeglang terletak di sudut paling barat Pulau Jawa yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia dan Selat Sunda.

Sudut barat daya Pandeglang berpapasan dengan lempeng sesar tektonik yang menghujur dari barat Sumatera hingga Australia. Selain itu di Selat Sunda terdapat gunung berapi yang aktif yang setiap saat dapat menimbulkan getaran.

“Jika penelitian yang dilakukan BPPT berpatokan terhadap itu, tentunya kita sebagai masyarakat awam pun akan memahami seberapa besar risiko yang kita hadapi jika kedua kemungkinan tsunami setinggi 57 meter itu terjadi di Pandeglang,” imbuhnya.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

KASN Tegaskan Sekda Kabupaten Tangerang Dilarang Pendekatan ke Parpol Politik, Ini Aturannya!

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Seleksi Anggota PPK untuk Pilkada Kota Tangerang 2024 Digelar 23-29 April

Berita Tangerang - Seleksi Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan atau...

KASN: Aparatur Sipil Negara Haram Berselingkuh dengan Politik!

Berita Tangerang - Seorang Aparatur Sipil Negara atau ASN...