Percetakan di Pandeglang yang Jadi Pabrik Uang Palsu Selalu Sepi Pelanggan

Date:

Pabrik Uang Palsu di Pandeglang
Percetakan Dianam Jaya di Kaduhejo digerbek Bareskrim Polri. Percetakan tersebut dijadikan sebagai pabrik uang palsu. (Foto: Engkos Kosasih/Banten Hits)

Pandeglang – Tidak ada yang menyangka percetakan dan digital printing Dianam Jaya yang berlokasi di Jalan Raya Labuan KM 5 Cikoneng, Kampung Santika, Desa Palurahan, Kecamatan Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang dijadikan pabrik pembuatan uang palsu.

Selasa, 17 April 2018, tim dari Subdirektorat Uang Palsu Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri menggerebek percetakan yang lokasinya hanya sekitar 3 kilometer dari pusat kota Pandeglang tersebut.

Uang palsu yang diproduksi di dalam percetakan tersebut sudah mencapai ratusan juta, baik mata uang rupiah maupun dalam bentuk mata uang asing dollar dan poundsterling.

Arianto salah seorang warga tidak menyangka jika percetakan yang sudah ada sejak dua tahun lalu tersebut dijadikan pabrik uang palsu lantaran tidak ada aktivitas yang mencurigakan.

“Enggak tahu itu, karena memang tidak ada aktivitas yang mencurigakan,” ujar Arianto, Rabu (18/4/2018).

Dari penggerebekan tersebut, polisi mengamankan tiga mesin cetak yang digunakan untuk mencetak uang palsu dan dua orang bernisial A selaku pemilik dan Y karyawan juga turut diamankan.

Meski tidak ada hal yang mencurigakan, namun kata Arianto, percetakan tersebut memang selalu sepi pelanggan dan tidak buka setiap hari seperti percetakan pada umumnya.

“Buka nya tidak tentu, tidak setiap hari. Setahu saya pemiliknya orang Medan dan cukup bersosilisasi enggak tertutup,” tuturnya.(Nda)

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...