Connect with us

METROPOLITAN

Tenaga Kerja Asing Asal Korsel Dideportasi Gunakan Visa Wisata untuk Bekerja di PT Dongjin Indonesia

Published

on

TENAGA KERJA ASING ASAL KORSEL YANG GUNAKAN VISA WISATA UNTUK BEKERJA DI PT DONGJIN INDONESIA CILEGON DIDEPORTASI

Petugas Imigrasi Kota Cilegon saat mendeportasi tenaga kerja asing asal Korea Selatan, LOK (bertopi biru). LOK merupakan GM PT Dongjin Indonesia. Dia menggunakan visa wisata untuk bekerja di perusahaan tersebut.(Banten Hits/ Iyus Lesmana)

Cilegon – Kantor Imigrasi Kelas II Cilegon berhasil mengungkap penyalahgunaan visa wisata untuk oleh tenaga kerja asing asal Korea Selatan di PT Dongjin Indonesia, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon.

Wartawan Banten Hits Iyus Lesmana melaporkan, penggunaan visa wisata untuk bekerja dilakukan LOK. Petugas Imigrasi langsung mendeportasi LOK, Jumat malam, 20 April 2018 sekitar pukul 19.00 WIB.

Sebelum dideportasi oleh petugas, LOK yang diketahui menjabat general manager di perusahaan produksi kimia tersebut telah diperiksa berdasarkan penyidikan selama dua minggu.

“Kami (Imigrasi) sudah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi-saksi, di antara lain untuk mengambil keterangan dan alat bukti dan diketahui dia melanggar undang-undang keimigrasian atau penyalahgunaan visa. Dia (gunakan) visa wisata untuk bekerja di Dongjin,‎” ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Cilegon Agus Winarto, Jumat, 20 April 2018.

Agus menambahkan, pelanggaran yang dikenakan kepada LOK adalah pelanggaran Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 ‎tentang Keimigrasian, di mana yang bersangkutan menyalahgunakan visa. Selain itu menutup kemungkinan bahwa LOK dapat kembali bekerja di Indonesia dengan syarat bedasarkan aturan dapat dipenuhi.

“Nanti setelah dia bisa memproses dokumen yang benar baru boleh untuk kembali,” jelasnya.

Pantauan di lokasi, LOK diantar oleh petugas imigrasi dan didampingi istrinya yang merupakan warga negara Indonesia. Petugas yang mengantar akan memastikan sampai yang bersangkutan benar-benar naik pesawat. (Rus)

Trending