Ratusan Peserta Ikuti Robotic Competition di ICE BSD

Date:

Sinarmas Land Gelar Kompetisi Robot
Robotic competition di ICE BSD City diikuti ratusan peserta. Pemenang akan difasilitasi oleh Sinarmas Land untuk mengikuti World Robot Competition (WRC) 2018 yang berlangsung di Beijing.(Foto: Yogi Triandono/Banten Hits)

Tangerang – Indonesia Youth Robotic Association (IYRA) bekerja sama dengan Sinarmas Land menggelar Indonesia Youth Robotic Competition (IYRC), di International Convention Exhibition (ICE) BSD, Kabupaten Tangerang, Minggu (22/4/2018).

Ratusan peserta mengikuti kompetisi yang kali pertama dilakukan di Tangerang dengan beberapa katoegori yang dilombakan, seperti robot soccer, kinder mission, brick speed, maze solving, push-push, creative maker, humanoid marathon & boxing. Bahkan kategori yang pertama kali diadakan di dunia, yakni internet of things/IoT Robot.

“Usianya kita ambil dari primary dan secondary school, ada peserta dari Sumatera, Kalimantan, Jawa Timur, dan daerah lainnya di Indonesia,” ujar Ketua IYRA, Firdiansyah.

Ada beberapa kriteria penilaian berstandar internasional yang digunakan untuk menentukan pemenang dari perlombaan yang sudah di supervisi oleh beberapa kampus. Beberapa kriteria tersebut seperti kreativitas, kemampuan komunikasi, logic thinking, coding, dan strategy.

“Mereka harus desain sendiri, bikin sendiri, coding sendiri, tapi ada beberapa dari mereka yang memang engga punya alat nya kita fasilitasi, karena visi kita mengenalkan robotic kepada mereka,” ujarnya.

Sementara itu, Head of Corporate Communication Sinarmas Land Panji Himawanmengatakan, pihaknya terus mendukung terselenggaranya kegiatan komunitas digital, teknologi, kreatifitas, animasi, dan inovasi.

“Seiring transformasi BSD City, kami ingin menjadi rumah bagi komunitas-komunitas ini, kita berharap BSD City dapat menjadi saksi dari lahirnya bibit-bibit unggul Indonesia,” kata Panji.

Pemenang dalam kompetisi tersebut akan difasilitasi oleh Sinarmas Land dan Racer Robotic untuk mewakili Indonesia di ajang World Robot Competition (WRC) 2018 yang berlangsung di Beijing, China dan akan diikuti 20 negara pada 29-31 Agustus 2018 mendatang.

“Sinarmas Land melalui IYRC terus mendukung dan mengembangkan dengan melahirkan konsep perhelatan akbar berbasis high-technology yang bertaraf internasional untuk terus mengembangkan BSD City sebagai integrated smart digital city, yang tidak hanya dilengkapi dengan jaringan infrastruktur teknologi namun juga dilengkapi dengan penyediaan mobile application yang terintegrasi dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat BSD City. Inilah yang akan dimaksimalkan oleh BSD City, menjadi tempat berkumpulnya para komunitas pecinta teknologi serta menjadi tuan rumah berbagai event di bidang teknologi,” paparnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...