Sapar Akan Kembali Blokir Akses Masuk PLTPB Padarincang, Desak Pemerintah tak Perpanjang Izin Eksplorasi

Date:

PLTPB Padarincang
Syarekat Perjuangan Rakyat (Sapar) memblokir akses masuk ke lokasi proyek PLTPB Padarincang, 19 Maret 2018. (Foto: Dok. Banten Hits)

Serang – Syarekat Perjuangan Rakyat (Sapar) akan kembali menutup akses masuk ke lokasi Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB), di Desa Batukuwung, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang. Aksi yang sama juga pernah dilakukan Sapar pada Senin, 19 Maret 2018 lalu.

BACA JUGA: Penampakan Ribuan Warga Padarincang Istigasah di Area Pengeboran PLTB

Dalam press release yang diterima awak media, Kamis (26/4). Massa Sapar akan berkumpul di posko penolakan di Kampung Barengkok kemudian longmarch menuju akses masuk proyek yang terletak di Gunung Parakasak tersebut.

Desakan agar pemerintah tidak lagi memperpanjang izin eksplorasi dan Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Sintesa Banten Geothermal yang akan habis pada 28 April 2018 menjadi tuntutannya.

“Kepada pemerintah pusat maupun provinsi untuk tidak memperpanjang izin perusahaan dan segera hentikan proyek geothermal Padarincang,” tulis Sapar.

“Kegigihan dan konsistensi perjuangan masyarakat Padarincang untuk menyelamatkan kampung halaman tidak bisa tergoyahkan dan akan terus berjuang sampai PLTPB dicabut sampai ke akar-akarnya,” katanya.

BACA JUGA: Asumsi kenapa Proyek Geothermal Ditolak Warga

Penolakan tersebut ditegaskan bukan bagian dari menolak investasi di kabupaten yang dipimpin Ratu Tatu Chasanah, melainkan upaya menjaga alam agar tetap lestari demi hajat hidup masyarakat di masa yang akan datang.

Kabid Geologi Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Banten, Deri belum menjawab konfirmasi Banten Hits soal apakah izin eksplorasi akan kembali diperpanjang atau tidak.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...