Connect with us

METROPOLITAN

Pemprov Banten Maksimalkan Koordinasi dengan Instansi Vertikal

Published

on

Wagub Banten Andika Hazrumy

Koordinasi antara Pemprov Banten dengan instansi vertikal akan dimaksimalkan. Hal tersebut disampaikan Wagub Banten Andika Hazrumy saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan di Lapas Tangerang. (Foto: Istimewa)

Serang – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengatakan, koordinasi dan komunikasi antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten dengan seluruh instansi vertikal akan dimaksimalkan, salah satunya dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Hal tersebut disampaikan Andika saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-54 Tahun 2018 yang, di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Kota Tangerang, Jumat (27/4/2018).

“Untuk menyelaraskan dalam kaitan pengembangan pembangunan dalam bidang hukum yang ada di Provinsi Banten,“ kata Andika.

Terkait dengan over capacity (kelebihan kapasitas) lapas yang ada di Banten, wagub mengatakan hal itu merupakan kewenangan Kanwil Kemenkumham. Pemprov Banten akan mensupport dalam pemenuhan standar fasilitas lapas.

“Misalnya hibah tanah untuk perluasan lapas,“ ujarnya.

Andika menyampaikan, lapas diberikan amanat dalam upaya perlindungan hak bagi terpidana pemsyarakatan dan juga terhadap pelaksanaan pidana alternatif di luar pidana pencabutan kemerdekaan sebagaimana yang tertuang dalam undang-undang.

Lapas dituntut lebih profesional agar pelaksanaan pidana alternatif berjalan dengan baik sehingga angka over crowdit di lapas dan ruran diminimalisir.

“Oleh sebab itu perlu adanya dorongan dan upaya yang kuat agar peningkatan kapasitas dapat dilaksanakan sehingga tujuan dari pidana alternatif dapat tercapai dengan baik,” kata Andika yang membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Kepada seluruh jajaran dan pegawai, wagub berharap agar terus memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat dan menumbuh kembangkan sikap aspiratif, transparan, dan responsif.

“Pegawai pemasyarakatan harus bisa menanamkan semangat pembaharuan yang open minded, progressive, serta core value dengan semangat ‘Kami Pasti’ untuk menghadapi tantangan tugas ke depan,” katanya.

“Tetaplah semangat bekerja dengan penuh dedikasi dan pantang menyerah. Tunjukkan rasa cintamu terhadap bangsa dan negara dengan memberikan dharma baktimu melalui pengabdian yang terbaik,” tambahnya.

Turut pula dilakukan pemberian penghargaan kepada pegawai lapas berprestasi dan menjelang purna tugas (pensiun).(Nda)

Trending