Festival Cikadu 2018: Back to Culture Zaman Old

Date:

Festival Cikadu
Rapat persiapan Festival Cikadu yang akan digelar pada September 2018. (Foto: Engkos Kosasih/Banten Hits)

Pandeglang – Festival Cikadu, di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang akan kembali digelar pada bulan September nanti.

Festival wisata ini akan menampilkan berbagai kesenian tradisional, seperti pencak silat, debus, bendrong lesung dan permainan tradisional.

Tahun ini Festival Cikadu akan mengangkat tema “Back ti Culture Zaman Old”. Tema ini sengaja diangkat untuk mengajak masyarakat dan pengunjung mengingat kepada kesenian dan berbagai permainan yang dimanikan pada zaman dulu.

“Festival ini untuk merawat ingatan kita kepada kesenian dan permainan zaman dulu,” kata Samsudin, staf Desa Tanjungjaya, kepada Banten Hits, Sabtu (5/5/2018).

Diharapkan, akan banyak wisatawan yang tertarik datang untuk menyaksikan festival yang berada di buffer zone Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung tersebut.

Selain menampilan seni dan permainan tradisional, Festival Cikadu juga menyuguhkan stand bazar, pertunjukan di panggung seni, stand booth bernuansa kuno, dan area bermain.

“Bagi yang berkunjung ke Festival Cikadu akan disambut dengan suasana khas tempo dulu, sejak pertama memasuki gerbang lokasi festival. Di dalam area ini kita akan menemukan ratusan janur kuning serta deretan stand dengan dekorasi jadul yang bertiang bambu dan beratap daun kelapa,” ungkap Samsudin.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Tanjungjaya Karim Amrullah mengatakan, akan diumumkan pula pemenang lomba penanaman pohon durian, bersih-bersih halaman rumah dan pemenang janur kuning.

“Masing-masing pemenang akan mendapatkan hadiah. Beda-beda ya, Rp10 juta untuk pemenang tanam durian. Untuk pemenang bersih-bersih rumah hadiahnya liburan ke Bali,” katanya.

Nah, buat anda yang ingin mengenang masa lalu bersama teman maupun keluarga dengan bermain permainan tradisional, tidak salah jika anda mengunjungi Festival Cikadu.(Nda)

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...