Kepala Terminal Mandala Sebut Bus Ini Tak Diizinkan Beroperasi saat Mudik Lebaran

Date:

SUASANA TERMINAL MANDALA ATAU TERMINAL TIPE A KADUAGUNG LEBAK
Sejumlah bus terparkir di Terminal Mandala atau Terminal Tipe A Kaduagung, Kabupaten Lebak. (Banten Hits/ Fariz Abdullah)

Lebak – Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Kaduagung Lebak atau Terminal Mandala memastikan seluruh bus angkutan umum Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) harus dalam kondisi aman saat dioperasikan untuk mudik Lebaran 2018.

Kepala Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Kaduagung Lebak pada Kementrian Perhubungan, Lina Darlina mengatakan, bus AKAP yang kondisinya tidak layak jalan atau tak memenuhi syarat, akan dilarang beroperasi.

Menurut Lina, saat ini di Terminal Kaduagung terdapat 118 bus AKAP yang setiap beroperasi ke delapan kota tujuan, seperti ke Bandung, Bogor, Kalideres, Bekasi, Cikarang, Tanjung Priok, Cimone, serta Tangerang.

Supaya bus-bus tersebut aman digunakan saat mudik Lebaran, Satuan Pelayanan Terminal Mandala terus melakukan imbauan kepada para sopir atau pemilik bus untuk rutin melakukan pengecekan seluruh perangkat dan sarana pendukung bus agar memenuhi syarat sebegai angkutan Lebaran.

“Kami tidak akan main-main. Bila pada saat arus mudik atau balik Lebaran ditemukan bus yang tidak memenuhi syarat dioperasikan, maka bus tersebut akan kami keluarkan dari area Terminal Kaduagung,” kata Lina Darlina, Selasa, 8 Mei 2018.

Menurutnya, sanksi pengusiran dan larangan operasi merupakan perintah dari Kementrian Perhubungan, dengan tujuan agar dalam arus mudik maupun arus balik Lebaran, tidak ada satupun kecelakaan lalulintas akibat bus tidak layak dioperasikan.

“Kami berharap kepada para sopir maupun para pemilik perusaan bus umum, agar lebih mendahulukan kepentingan keselematan penumpang,” ucapnya.

Kepala Bidang Keselamatan Lalulintas pada Dinas Perhubungan Lebak Azis Ali Rosyid mengatakan, bila pihaknya sangat mendukung terhadap tindakan tegas yang akan dilakukan petugas pelayanan Terminal Tipe A Kaduagung kepada bus umum pada saat menjelang lebaran.

“Kami pun akan turut membantu upaya pemerintah pusat dalam hal mencegah kecelakaan penumpang, yang diakibatkan bus yang mereka tumpangi tidak layak dioperasikan,” tegas Azis. (Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...