Connect with us

METROPOLITAN

Ditjen Hubla Cek Alat Keselamatan Kapal di Pelabuhan Merak

Published

on

Pemeriksaan Kapal di Pelabuhan Merak

Dirjen Hubla Agus Purnomo memeriksa kesiapan dan alat keselamatan kapal di Pelabuhan Merak. Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan kapal laik dan alat keselamatan berfungsi dengan baik. (Foto: Iyus Lesmana/Banten Hits)

Cilegon – Direktorat Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaksanakan uji petik kelaiklautan kapal di Pelabuhan Merak, Jumat (11/5/2018).

Uji petik dilakukan guna meminimalisir terjadinya kecelakaan laut di lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni pada saat arus mudik lebaran tahun ini.

Satu per satu alat keselamatan kapal penumpang yang sandar di dermaga pelabuhan, seperti pelampung keselamatan atau life jacket, sekoci, alat navigasi dan pemadam kebakaran kapal diperiksa oleh Pejabat Pemeriksa Keselamatan Kapal (PPKK).

BACA :  Bunga Bangkai Kejutkan Pengurus Gemasaba Pandeglang

“Kami rutin tiap tahun untuk menyiapkan angkutan lebaran. Jadi seluruh kapal yang terlibat dalam angkutan lebaran kita lakukan pemeriksaan, terutama alat keselamatan apakah berfungsi atau rusak,” ujar Dirjen Hubla, Agus Purnomo.

Pihaknya memerintahkan kepada perusahaan kapal untuk memperbaiki alat keselamatan yang dalam pemeriksaan diketahui rusak dan tidak bisa digunakan.

“Kita bisa tahu apakah kapal yang dipakai angkutan lebaran itu laik jalan atau tidak. Kami minta jika masih ada yang rusak maupun kurang untuk segera dilengkapi,” jelasnya.

Lebih lanjut kata dia, target pemeriksaan di seluruh Indonesia akan selesai dalam waktu 2 minggu sebelum Idul Fitri.

“Baru 30 persen yang kita periksa. Target kita 2 minggu sebelum lebaran harus sudah selesai seluruhnya. Perusahaan pelayaran harus siap dan standby dalam persiapan mudik lebaran,” imbaunya.(Nda)

BACA :  Truk Pengangkut Alat Berat Melintang, Jalur Gunungkencana-Malingping Lumpuh



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler