Connect with us

METROPOLITAN

Diminta Urus Izin Usaha, PT Saedong Ancam Hengkang dari Lebak

Published

on

PT Saedong

Anggota DPRD Lebak saat sidak ke PT Saedong Rangkasbitung. (Foto: Dok. Banten Hits/Fariz Abdullah)

Lebak – Perusahaan produksi sepatu sport ternama PT Saedong yang sebelumnya diduga melakukan penyekapan terhadap karyawannya rupanya tidak mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan izin usaha industri dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Lebak.

BACA JUGA: DPRD Lebak Bentuk Tim Investigasi Usut Dugaan Penyekapan Karyawan PT. Saedong

Pejabat DPMPTSP Kabupaten Lebak, Ahyad membenarkan jika perusahaan Korea Selatan yang berlokasi di Desa Mekarsari, Kecamatan Rangkasbitung tersebut justru mengantongi IMB perbengkelan bukan industri.

“Untuk memiliki izin usaha industri, maka perusahaan harus membuat dulu IMB perindustriannya. Selama IMB tersebut tidak dibuat, maka permohonan izin usaha industri PT Saedong tidak bisa dikeluarkan,” terang Ahyad, Jumat (12/5/2018).

BACA :  Bandel Sih! Belasan Masyarakat Kena Sanksi Sosial Gegara Tak Pakai Masker

Ahyad mengatakan, Pemkab Lebak kerap kali menegur PT Saedong. Namun, teguran tersebut tak digubris. Perusahaan kerap kali hanya berjanji akan mengurus, namun hingga kini tak juga dilakukan.

BACA JUGA: Bupati Lebak Iti Jayabaya Ancam Cabut Izin PT Saedong

Tindakan tegas Pemkab Lebak kepada PT Saedong juga seolah sulit dilakukan. Pasalnya, pihak perusahaan kerap kali mengancam akan menutup pabrik sehingga berdampak pada banyak tenaga kerja yang diberhentikan alias PHK.

“Kami pernah desak agar segara mengurus IMB perindustriannya, tetapi manajemen PT Saedong selalu mengancam akan memindahkan usahanya dari Lebak ke daerah lain,” ungkap Ahyad.

Sementara itu, Manajer HRD PT Saedong, Jaenal mengaku, bahwa saat ini IMB perindustrian sedang diproses dan berjanji mengevaluasi manajemen agar lebih baik.

BACA :  Ini Strategi PDAM TKR Optimalisasi Aplikasi Pencatatan Meter Digital

“Terkait IMB kami sedang urus. Beberapa hari lalu saya datang ke kantor DPMPTSP untuk mengurusi IMB tersebut,” pungkasnya.(Nda)



Terpopuler