Connect with us

Berita Pemda

Ngabuburit Sambil Olahraga, ‘Tak Perlu Khawatir Dehidrasi’

Published

on

Ngabuburit Sambil Olahraga

Ngabuburit sambil berolahraga merupakan kegiatan yang digalakkan Dinkes Kota Tangerang untuk mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan selama berpuasa. (Foto: Humas Pemkot Tangerang)

Tangerang – Jika biasanya menunggu waktu berbuka puasa alias ngabuburit diisi dengan aktivitas jalan-jalan dan belanja, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas kesehatan (Dinkes) mengajak masyarakat untuk ngabuburit sambil berolahraga.

Program yang diberi nama ngabuburit sehat (ngajak buka puasa bareng penuh keberkahan dan hidup tetap sehat) ini diadakan di 108 masjid di Kota Tangerang.

“Ya, di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, dinkes dan puskesmas tetap menyapa dan menghampiri masyarakat melalui kegiatan ngabuburit sehat,” ujar Kadinkes Kota Tangerang dr. Liza Puspadewi, Selasa (22/5/2018).

Liza mengatakan, meski sedang berpuasa, namun berolahraga tetap dianjurkan, hanya saja intensitasnya yang berkurang.

“Tak perlu khawatir dehidrasi. Justru olahraga dianjurkan, karena bisa membantu sirkulasi oksigen dalam tubuh dan memperlancar metabolisme sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga selama puasa,” terang dr. Liza.

Ngabuburit sehat kata Liza merupakan sarana edukasi kepada masyarakat untuk bisa menyeimbangkan antara kesehatan jasmani dan rohani.

“Misinya adalah mengedukasi masyarakat agar menjalankan puasa yang sehat. Dan tidak hanya jasmani yang kami perhatikan, kesehatan rohani pun tidak kami lupakan, dengan mewakafkan beberapa Alquran dan mukena untuk digunakan masyarakat dalam beribadah,” tuturnya.

Kegiatan ini dimulai dari pukul 17.00 WIB yang diisu dengan senam ringan bersama, pelayanan kesehatan, buka puasa sehat bersama, shalat Magrib, Isya dan tarawih berjamaah.(Nda)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − eleven =

Trending