Connect with us

Berita Pemda

Kota Tangerang Terima Penghargaan sebagai Pendukung Program JKN-KIS

Published

on

Kadinkes Kota Tangerang Terima Penghargaan

Kepala Dinkes Kota Tangerang dr. Liza Puspadewi saat menerima penghargaan dari Mendagri Tjahjo Kumolo. Penghargaan diberikan kepada Kota Tangerang sebagai daerah yang dinilai telah mendukung program JKN-KIS sebagai program strategis nasional dalam mewujudkan Universal Health Coverage (UHC). (Foto: Humas Pemkot Tangerang)

Jakarta – Empat provinsi dan 120 kabupaten dan kota, salah satunya Kota Tangerang mendapatkan apresiasi dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo sebagai daerah yang dinilai telah mendukung program JKN-KIS sebagai program strategis nasional dalam mewujudkan Universal Health Coverage (UHC).

Penghargaan diberikan di hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (23/5/2018).

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris mengutarakan, pemberian penghargaan UHC ini dinilai akan dapat menularkan semangat menuju cakupan kesehatan semesta pada pemerintah daerah lainnya untuk bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, mewujudkan terciptanya masyarakat Indonesia yang madani dan berkeadilan sosial, serta merupakan wujud sikap gotong royong yang harus terus dipupuk dan pertahankan sebagai filsafat kehidupan berbangsa Indonesia.

BACA :  Korpri dan PGRI Harus Bisa Jadi Katalisator Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

“Pemimpin terbaik yang saat ini dipilih oleh rakyat, baik gubernur, bupati atau wali kota pasti akan memberikan yang terbaik kepada rakyatnya. Termasuk dalam memberikan jaminan dan pelayanan kesehatan di daerahnya masing-masing,” kata Fachmi.

Dalam UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, setiap orang mempunyai hak yang sama dalam memperoleh akses atau sumber daya di bidang kesehatan dan memperoleh pelayanan kesehatan yang aman, bermutu dan terjangkau.

Dalam kontribusi tersebut, Pemkot Tangerang membentuk jaminan pembiayaan kesehatan bagi masyarakat miskin dan rentan dengan Program Multiguna pada tahun 2008 hingga tahun 2015.

Pada bulan Februari tahun 2016, Program Multiguna berintegrasi dengan JKN dengan sasaran hanya masyarakat yang miskin dan tidak mampu yang didaftarakan oleh Pemkot Tangerang ke BPJS Kesehatan, jumlahnya 18.318 jiwa.

BACA :  Arief Apresiasi Ngabuburit Remaja di Karawaci Bikin Mural

Hingga April 2018, total kepesertaannya sudah mencapai 256.217 jiwa. Kepesertaan penduduk yang didaftarkan oleh Pemkot Tangerang adalah 15% dari jumlah penduduk 1.667.661 dengan capaian angka 95%.

Pjs Wali Kota Tangerang M. Yusuf mengungkapkan rasa bangganya terhadap kinerja dinas terkait atas pencapaian tersebut.

“Saya bangga, dan sangat mengapresiasi program ini. Semoga tingkat kesejahteraan masyarakat Kota Tangerang semakin meningkat,” harapnya.

Pelaksanaan UHC dilaksanakan dengan membayarkan iuran jaminan kesehatan ke BPJS Kesehatan untuk pembayaran iuran di kelas III bagi masyarakat dengan identitas kependudukan Kota Tangerang yang belum memiliki jaminan kesehatan dan belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS dari Pemerintah Pusat dan provinsi.(Nda)

BACA :  Iti Jayabaya : Kemenag dan Pemkab Lebak Telah Berupaya Berikan Bimbingan Agama Berkualitas


Terpopuler