Connect with us

METROPOLITAN

Pelabuhan Merak Mulai Dipadati Pemudik

Published

on

Antrean kendaraan Pelabuhan Merak

H-6 Lebaran, kendaraan mulai memadati empat dermaga Pelabuhan Merak. (Foto: Iyus Lesmana/Banten Hits)

Cilegon – Pemudik yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera mulai memadti Pelabuhan Merak, Sabtu (9/6/2018). Baik pemudik pejalan kaki maupun yang menggunakan kendaraan pribadi mulai berdatangan memadati setiap dermaga.

Wartawan Banten Hits Iyus Lesmana melaporkan, antrean kendaraan umum maupun pribadi yang akan memasuki kapal terjadi di empat dermaga. Begitu juga truk pengangkut barang dan kebutuhan.

“Dari rumah berangkat subuh, sampai pelabuhan tetap kejebak antrean,” kata Safri salah satu pemudik asal Jakarta dengan tujuan Palembang.

Safri mengaku memilih perjalanan saat pagi hari untuk menghindari kemacetan. Namun tiba di pelabuhan, ia tetap harus terjebak dalam antrean kendaraan dan baru bisa masuk ke dalam kapal setelah hampir satu jam.

BACA :  Pria yang Tewas Mengapung di Bawah Jembatan Taman Villa Bandara Diduga Alami Gangguan Jiwa

“Seharusnya pelayanan kapal lebih dipercepat. Kalau sudah masuk ke kapal kan tenang,” harapnya.

Sementara itu, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Fahmi Alweni menuturkan, jumlah penumpang yang menggunakan kendaraan mengalami peningkatan diperkirakan mencapai 40 persen dibandingkan pada H-6 Lebaran tahun lalu.

“Sesuai prediksi kita, semalam arus mudik dan lebih di dominan kendaraan pribadi, kepadatan kendaraan juga akan terjadi nanti malam. Itu bisa terlihat dari 7.953 kendaraan yang kita seberangkan, sementara pada tahun lalu hanya 5.636 kendaraan,” katanya.

ASDP kata dia mengerahkan 35 kapal untuk mengurai kepadatan penumpang yang berada di pelabuhan.

“Pencapaian kapal sebanyak 121 trip, selain itu semalam kita mainkan sistem sangat padat untuk mengurai kepadatan yang ada di dermaga,” imbuhnya.(Nda)

BACA :  Ratusan Rumah di Bojonegara Serang Terendam Banjir saat Malam Pergantian Tahun, BPBD Sebut Dampak Aktifitas Galian Gunung



Terpopuler