Connect with us

METROPOLITAN

Bea Cukai Soetta Gagalkan Penyelundupan Baby Lobster Senilai Rp2,7 Miliar

Published

on

Penyelundupan Baby Lobster lewat Bandara Soetta

Belasan ribu ekor baby lobster akan diselundupkan disimpan dalam sebuah koper. Balai karantina ikan menyebut, baby lobster senilai Rp2,7 miliar itu akan dijual ke Vietnam. (Foto: Hendra Wibisana/Banten Hits)

Tangerang – Upaya penyelundupan 18.228 ekor baby lobster oleh seorang penumpang Lion Air JT 162 berinisial J tujuan Singapura digagalkan petugas Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Kabid Kepatuhan Internal dan Informasi Bea Cukai Bandara Soetta Dadan Farid menuturkan, petugas mencurigai barang bawaan salah satu penumpang saat dilakukan pemindaian sinar x.

“Untuk memastikan, petugas berkoordinasi dengan pihak maskapai kemudian dilakukan penjemputan kepada pemilik bagasi di gate 3. Setelah bertemu dengan pemilik bagasi, petugas membuka koper dan mendapati 33 kemasan plastik berisi 18.228 ekor baby lobster,” ungkap Dadan, Senin (11/6/2018)

BACA :  DPRD Kab Tangerang Adakan Pertemuan Membahas Pembebasan Lahan Runway III Bandara Soetta

Petugas ujar Dadan, kemudian berkoordinasi dengan balai karantina hewan untuk menjaga benih lobster tersebut tetap hidup yang kemudian dibawa ke daerah Serang.

“Sebanyak 18.004 ekor dilepas dan sisanya 200 lebih disimpan untuk dijadikan barang bukti. Nilai estimasi sekitar Rp2,7 miliar,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Karantina Ikan Bandara Soetta Habrian Yake menambahkan, ketersediaan benih lobster di perairan Indonesia memang cukup banyak dengan Permen Kelautan dan Perikanan Nomor 56 Tahun 2016 tentang Larangan Penangkapan dan Pengeluaran Lobster.

“Manfaatnya sangat jelas, ketika pembesarannya di alam paling lama empat bulan itu beratnya kurang lebih 200 gram dan itu nilainya tinggi jika di ekspor. Pelaku penyeludupan ini tujuan Singapura hanya transit, mereka menjulnya ke Vietnam,” papar Yake.

BACA :  Selain di Cilegon, Densus Juga Tangkap Terduga Teroris di Pandeglang

Pelaku beserta barang bukti diserahkan ke Polresta Bandara Soetta untuk menjalani proses lebih lanjut.(Nda)



Terpopuler