Oknum Petugas Avsec Lion Air Terlibat Penyelundupan Benih Lobster di Bandara Soetta

Date:

Petugas Avsec Lion Air Selundupkan Benih Lobster
Puluhan ribu benih lobster diseludupkan. Penyelundupan tersebut melibatkan oknum petugas Avsec Lion Air. (Foto: Banten Hits/Hendra Wibisana)

Tangerang – Polresta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menangkap lima oknum petugas maskapai dan Avsec Lion Air karena diduga terlibat dalam penyelundupan 50.926 benih lobster.

Rupanya, keterlibatan para oknum tersebut bukan kali ini saja. Tercatat dalam kurun waktu dua bulan (April dan Mei), lima praktik penyeludupan dilakukan. Masing-masing mendapat imbalan Rp15 juta.

“Modus yang digunakan pelaku dengan memasukan paket barang ke bagasi tidak melalui jalur yang semestinya. Di mana Avsec maskapai menggunakan kendaraan operasional dengan membawa paket langsung menuju bagasi pesawat,” ungkap Kapolresta Bandara Soetta AKBP Viktor Togi Tambunan, Selasa (26/6/2018).

Untuk kasus pada buluan Mei, petugas mengamankan PW, DW, dan CH yang merupakan petugas Avsec Lion Air. Sedangkan AA dan MA yang berperan sebagai pemasok masih dalam daftar pencarian orang (DPO).

Viktor mengatakan, penyelundupan tersebut terungkap dari paket yang dikirim ke Singapura dikembalikan kembali oleh pihak petugas maskapai.

“Barang yang dikembalikan kemudian oleh petugas Avsec bandara diperiska menhgunakan X-ray dan ditemukan benih lobater. Petugas melaporkan lalu di lakukan penyidikan,” ujarnya.

Barang bukti yang diamankan berupa satu unit mobil box Toyota, satu unit mobil Daihatsu Xenia, surat-surat kendaraan berikut kunci kotak, dua kardus berisi 113 kantong plastik berisi 50.926 ekor benih lobster.

“Tersangka terancam hukuman enam tahun penjara,” katanya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...