Connect with us

Kota Tangerang

Perwakilan Negara Asing Pantau Pemungutan Suara di TPS Kampung Bekelir

Published

on

Delegasi dari sejumlah negara memantau jalannya proses pemungutan suara di TPS Kampung Bekelir, Kota Tangerang. (Foto: Banten Hits/Maya Aulia)

Tangerang – TPS 01 dan 02 di Kampung Bekelir, Kelurahan Babakan, Kecamatan/Kota Tangerang menjadi TPS yang dikunjungi perwakilan negara asing bersama Bawaslu RI, Rabu (27/6/2018).

Komisioner Bawaslu RI Afifudin mengatakan, kunjungan para delegasi negara asing berkaitan dengan program dalam rangka mengajak negara tetangga untuk dapat ikut memantau proses pelaksanaan Pemilu di daerah dengan calon tunggal.

“Kita pilih Tangerang salah satunya sebagai pembelajaran, karena di sini calon tunggal. Nanti mereka akan kami minta untuk mendiskusikan hasil dari studi banding ini. Kita juga minta agar mereka memperhatikan proses penyelenggaraan dan pemilihannya,” terang Afifudin.

BACA :  KPU Lebak Tolak Berkas Dukungan Calon Perseorangan

Negara-negara yang ikut memantau adalah Australia, Timor Leste, Amerika, Srilangka, Filipina dan Thailand.

“Mereka bisa melihat bagaimana kami sebagai lembaga sah pengawas Pemilu dalam mengawasi apakah ada atau tidak pelanggaran yang dilakukan meski calon tunggal serta bagaimana menangani adanya pelanggaran Pemilu,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu delegasi Australia, Ayoana mengakui, Pemilu dengan satu calon pemimpin sangat unik dan menjadi bahan pembelajaran baru sebagai bentuk demokrasi.

“Bagus, saya juga belajar bagaimana prosesnya dan di sini juga satu pasangan calon, kita banyak belajar dan nanti akan didiskusikan,” katanya.(Nda)



Terpopuler