Belum Miliki Perda KLA, Pemkab Pandeglang Optimistis Raih Predikat Kabupaten Layak Anak

Date:

Kepala DP2AKBP3A Pandeglang Raden Dewi Setiani soal target Oemkab Pandeglang raih Kabupaten Layak Anak
Kepala DP2AKBP3A Pandeglang Raden Dewi Setiani optimistis Pemkab Pandeglang bisa raih Predikat Kabupaten Layak Anak meski belum miliki Perda KLA.(Banten Hits/ Engkos Kosasih)

Pandeglang – Pemerintah Kabupaten Pandeglang menargetkan tahun 2019 mendatang bisa meraih predikat Kabupaten Layak Anak atau KLA. Namun, ironisnya Pemkab Pandeglang hingga saat ini belum memiliki peraturan daerah atau Perda KLA.

“Belum ada Perda (KLA), tapi udah masuk (nominasi). Meski belum memiliki Perda, dengan adanya SK gugus tugas yang ditandatangan oleh bupati, harusnya OPD yang masuk ke gugus tugas harus bekerja mensukseskan KLA,” kata Kepala DP2AKBP3A Pandeglang Raden Dewi Setiani, Rabu, 4 Juli 2018.

Namun, lanjut Dewi, ada beberapa OPD yang menganggap jika KLA ini hanyalah tugas intansi yang dipimpinnya. Sehingga, jika OPD memiliki paradigma seperti itu, target KLA sampai kapanpun akan sulit diraih Pemkab Pandeglang.

“Ada beberapa OPD yang menganggap jika KLA itu hanya tugas DP2AKBP3A saja, padahal KLA itu dikerjakan rombongan. Tahun 2019 kita mudah-mudahan bisa meraih KLA tingkat pratama,” ujarnya.

Dewi, memaparkan Kabupaten Pandeglang akan dapat meraih KLA tingkat pratama jika ada kawasan ramah anak di setiap desa dan puskesmas yang memenuhi kriteria penilaian layak anak. Selain itu, tidak ada kasus pernikahan anak terjadi di Kabupaten Pandeglang.

“Kita sudah koordinasi dengan DPMPD, karena di setiap desa ada taman pintar. Kalau taman pintarnya diganti nama jadi taman pintar layak anak, itu bisa masuk penilaian KLA. Selain itu, ada 8 Puskesmas yang sudah dilatih oleh provinsi untuk KLA,” terangnya.(Rus)

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...