Connect with us

METROPOLITAN

Hari Pertama Pendaftaran Caleg Sepi, KPU Banten Perkirakan di Pertengahan

Published

on

Partai Kebangkitan Bangsa

Foto Ilustrasi: Ratusan bacaleg PKB Banten saat mengikuti pembekalan, April 2018. (Dok. Banten Hits)

Serang – Pendaftaran untuk bakal calon legislatif (bacaleg) Pemilu 2019 mulai dibuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada tanggal 4 Juli 2018.

Namun, di hari pertama, belum ada satu pun partai politik yang mendaftarkan bacaleg ke kantor KPU. Pendaftaran caleg akan berakhi pada 17 Juli 2018 mendatang.

Ketua Divisi Teknis KPU Banten, Masudi memperkirakan, pendaftaran bacaleg oleh parpol akan mulai dilakukan di pertengahan masa pendaftaran.

“Kemungkinan mulai mendaftarkan pada tanggal 10 Juli. Biasanya, datang beramai-ramai kalau persyaratan yang diwajibkan sudah terpenuhi. Kemungkinan, masih ada penyesuaian nomor urut oleh partai,” ujar Masudi saat dikonfirmasi Kamis (5/7/2018).

BACA :  Sebelum Lukai Warga di Masjid Nurul Amal, Ternyata Taring Babi Hutan Telah Merobek Bagian Tubuh Warga Mayabon

Setiap bacaleg wajib memenuhi persyaratan pendaftaran di antaranya, surat keterangan kesehatan, SKCK, legalisir SK penunjukkan dari partai di tingkat daerah.

“Hingga penandatanganan pakta integritas oleh masing-masing partai bahwa calon yang diusungnya benar terbebas dari tindakan korupsi dan lain-lain,” terang Masudi.(Nda)



Terpopuler