Connect with us

METROPOLITAN

Pemkab Lebak Gelontorkan Rp 3,3 M untuk Penyediaan dan Perbaikan Infrastruktur Pertanian

Published

on

PEMKAB LEBAK GELONTORKAN RP 3,3 MILIAR UNTUK PENGADAAN DAN PERBAIKAN INFRASTRUKTUR PERTANIAN

Pengerjaan proyek pembangunan pompa tanah air dalam yang dilakukan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak. Pemkab Lebak pada 2018 ini gelontorkan Rp 3,3 M untuk penyediaan dan perbaikan infrastruktur pertanian.(FOTO: Istimewa)

Lebak – Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Lebak melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) pada 2018 ini menggelontorkan anggaran Rp 3,3 miliar untuk penyediaan dan perbaikan infrastruktur pertanian di Lebak.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak Dede Supriatna mengatakan, anggaran Rp 3,3 miliar tersebut juga diklasifikasikan pada tiga kategori, yakni pembangunan jalan usaha tani, pompa air tanah dalam, dan embung.

“Masing-masing anggarannya berbeda total Rp 3,3 miliar,” kata Dede kepada Banten Hits, Rabu, 4 Juli 2018.

BACA :  Mahasiwa Untirta Pilih Tinggalin Ali Mochtar Ngabalin saat Acara KSP Mendengar

Menurutnya, penyediaan dan perbaikan infrastruktur pertanian di tahun 2018 ini bertujuan untuk mendukung perkembangan agribisnis juga capaian target pangan Kabupaten Lebak.

Program tersebut, sambung Dede, tersebar di masing-masing kecamatan. Untuk jalan usaha tani terdapat di lima titik sepanjang 5,5 kilometer, yakni Cihara, Bayah, Cirinten, Muncang, Gunung Kencana dengan anggaran Rp 1,1 miliar.

Sedangkan untuk pengadaan pemasangan pompa air tanah dalam ada sebanyak tujuh unit, yakni di Kecamatan Warunggunung, Cikulur, Sajira, Cibadak dan Gunung Kencana dengan anggaran Rp 1,4 miliar.

“Kalau untuk embung tersebar di 8 Kecamatan Cimarga, Cileles, Cibeber, Muncang, Cilograng, Cijaku, Gunung Kencana dan Banjarsari dengan anggaran Rp. 800 juta, masing-masing pembangunan menelan Rp. 100 juta,” jelasnya.

BACA :  Bupati Lebak Lepas 58 Qori dan Qoriah Terbaik

Dalam pengerjaannya, Dede menjelaskan dilakukan oleh swakelola dan diharapkan mampu mendongkrak target pangan di Kabupaten Lebak.

“Dikerjakan oleh kelompok tani, saya berharap target pangan bisa tercapai dan petani bisa mudah melakukan aktivitas pertanian,” pungkasnya. (Rus)



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler