Bea Cukai Deteksi Dua Negara Ini sebagai Negara Baru Pemasok Sabu ke Indonesia

Date:

Bea Cuka Sita Sabu Selundupan
Sabu sebanyak 1 kg lebih disembunyikan oleh seorang warga Vietnam di dalam popok yang digunakanannya. Bea Cukai Soetta mendeteksi Vietnam dan Thailand sebagai negara baru pemasok sabu ke Indonesia. (Foto: Banten Hits/Hendra Wibisana)

Tangerang – Dalam kurun waktu enam bulan, upaya penyelundupan narkotika jenis sabu yang dilakukan kurir asal Vietnam dan Thailand. Modus yang digunakan dengan menyembunyikannya dalam popok dan pembalut yang dipakai.

Sebanyak 9 kilogram sabu yang akan diselundupkan ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), di antaranya berasal dari kedua negara tersebut dan sejumlah negara lain seperti Malaysia, Cina, Prancis dan Jerman.

Kantor Bea Cuka Bandara Soetta kini mendeteksi dua negara tersebut sebagai negara baru yang memasok sabu ke Indonesia.

“Ini sudah dua kali kami temukan, mereka membawa paket sabu dengan cara disembunyikan di dalam diapers (popok) yang mereka pakai,” ujar Kepala Bea Cukai Bandara Soetta Erwin Situmorang, Kamis (5/7/2018).

Tersangka berinisial H (33) warga Vietnam kedapatan membawa 1 kg lebih sabu yang disembunyikan di dalam popok yang ia pakai. Petugas mencurigai dari cara berjalan H sehingga dilakukan pemeriksaan menyeluruh.

Menurutnya, dari hasil penangkapan tersebut terjadi perubahan ritme dan tren penyelundupan narkotika karena penyelundupan berkembang menjadi negara Vietnam dan Thailand.

“Biasanya kami menganalisa lebih dalam tamu yang datang dari Ghana, Cina, Malaysia. Sekarang mau enggak mau kami menambahkan risiko orang-orang yang datang dari Vietnam dan Thailand,” jelas Erwin.

“Kalau wanita disembunyikan di dalam pembalut,” tambahnya.

Lebih lanjut Erwin menyampaikan, pengungkapan tersebut juga bantuan pengembangan dengan Polres Bandara Soetta, Mabes Polri dan Bea Cukai Pasar Baru (Jakarta).(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...