Connect with us

METROPOLITAN

Pemkab Lebak Minta Masyarakat Manfaatkan Bank Sampah

Published

on

Iti Tinjau Bank Sampah

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya saat meninjau bank sampah induk di Dinas Lingkungan Hidup (DLH). (Foto: Dok. Banten Hits)

Lebak – Keberadaan bank sampah di Kabupaten Lebak yang diinisiasi Bupati Iti Octavia Jayabaya dinilai mampu mendongkrak perekonomian masyarakat.

Dua tahun berjalan, bank sampah sudah berada di hampir setiap kecamatan.

“Kalau masyarakat cerdas dan tekun, dari sampah saja bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah,” kata Sekda Lebak Dede Jaelani, Jumat (13/7/2018).

Menurutnya, masyarakat harus bisa memanfaatkan keberadaan bank sampah. Inovasi dan ketekunan masyarakat terhadap sampah akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang layak.

Dede mengatakan, Pemkab Lebak akan mendorong agar desa dan kelurahan serta kelompok masyarakat mengelola bank sampah, yang nasabahnya dari semua elemen di masing-masing lingkungan desa.

“Banyak sampah yang bisa dijual yang tentunya bisa disetorkan ke bank sampah sebagai tabungan kita yang kapanpun bisa diambil atau dicairkan oleh pengelola bank sampah,” kata Dede.

Selain bisa menambah pendapatan, bank sampah juga akan membantu pemerintah daerah mewujudkan Lebak bersih.

“Lebak bisa menjadi daerah yang bersih karena semua sampah yang berserakan bisa diambil dan dipilah untuk dijual ke bank sampah,” jelasnya.(Nda)

Trending