Connect with us

METROPOLITAN

Pencatatan Manifes Penumpang di Pelabuhan Merak Mulai Dilakukan

Published

on

Pencatatan Manifes Penumpang Pelabuhan Merak

Petugas mulai melakukan pencatatan manifes penumpang yang akan masuk ke Pelabuhan Merak. (Foto: Banten Hits/Iyus Lesmana)

Cilegon – Operator pelayaran yang terdiri dari PT ASDP, Gapasdap dan INFA mulai melakukan pencatatan manifes penumpang yang akan masuk ke Pelabuhan Merak, Senin (16/7/2018).

Satu per satu kendaraan yang akan memasuki area pelabuhan didata petugas. Mulai dari kendaraan pribadi roda empat maupun sepeda motor. Pencatatan meliputi, pelat nomor kendaraan, identitas sopir dan penumpang.

“Ini mulai diberlakukan untuk penumpang kendaraan. Yang kita catat nomor kendaraan, nama sopir, dan nama-nama penumpang pengikutnya,” kata Ketua DPC Gapasdap Cabang Merak Togar Napitupulu.

BACA JUGA: KSOP Banten Koordinasi dengan BPTD terkait Penerapan Manifes Penumpang

Togar mengatakan, pendataan terlebih dahulu dilakukan kendaraan yang masuk ke dalam pelabuhan. Setelah selesai, penumpang diarahkan untuk membeli tiket di tolgate pelabuhan dengan membawa blanko manifes.

“Penumpang akan mengisi data manifes sebelum masuk ke dalam pelabuhan, kan kita belum tahu dia naik kapal apa. Nanti pembuktiannya manifesnya itu, diambil oleh kita saat naik kapal,” jelasnya.

Togar memaparkan, pencatatan manifes tersebut akan terus dilakukan selama 24 jam sampai sistem penyempurnaan data manifes yang dilakukan PT ASDP selesai dilakukan.

“Selama ASDP belum memenuhi sistemnya ini akan berjalan terus 24 jam,” imbuhnya.(Nda)

Trending