Connect with us

METROPOLITAN

Pelajar di Pandeglang Pergi Sekolah Naik di Atap Mobil, Warga: Setiap Hari Begitu

Published

on

Pelajar Naik di Atap Mobil

Membahayakan keselematan diri. Pelajar pergi sekolah naik di atap mobil menjadi pemandangan sehari-hari di Jalan Cibaliung-Taman Jaya pada saat jam pergi maupun pulang sekolah. (Foto: Banten Hits/Engkos Kosasih)

Pandeglang – Angkutan umum baik jenis mikrolet maupun elf menjadi langganan para pelajar sebagai transportasi untuk pergi ke sekolah. Namun, tak hanya duduk di bangku penumpang, banyak pula pelajar yang nekat naik di atap mobil tanpa berfikir bahwa yang dilakukannya sangat membahayakan keselamatan.

Pemandangan tersebut hampir dijumpai setiap hari di ruas jalan Raya Cibaliung-Taman Jaya, Kabupaten Pandeglang. Mulai dari pelajar SMP dan SMA seolah tak takut duduk di atap mobil yang mengancam keselamatan jiwa mereka. Ada pula sejumlah pelajar yang bergelantungan di pintu mobil.

Belum lagi kondisi jalan Cibaliung-Taman Jaya yang memang bergelombang dan berlubang tentu menambah risiko berbahaya bagi para pelajar tersebut.

Rupanya, hal itu sudah menjadi kebiasaan sebagian pelajar. Tidak hanya saat pergi sekolah, namun saat pulang.

“Setiap hari begitu, udah enggak aneh,” tutur Dede Parman salah seorang warga, Selasa (17/7/2018).

Menyikapi hal itu, Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Pandeglang Ayi Erlangga angkat bicara. Pihaknya meminta agar semua pihak bersikap tegas bukan justru membiarkan.

“Seharusnya ada evaluasi dan perbaikan yang menyeluruh akan kedispilinan demi keselematan bersama, apalagi yang naik di atap mobil itu pelajar yang harus dijaga bersama karena mereka adalah adalah generasi bangsa,” katanya.

Ia meminta aparat kepolisian menertibkan aksi nekat para pelajar tersebut. Apalagi Pandeglang yang tengah berupaya menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA).

“Semua pihak ya, terutama kepolisian agar memberhentikan kendaraan tersebut dan menertibkannya sesuai dengan undang-undang lalu lintas,” ucapnya.(Nda)

Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Trending