Imigrasi Soetta Amankan Seorang Warga Negara Tiongkok

Date:

WNA Diamankan Imigrasi Soetta
LJC harus berurusan dengan petugas Imigrasi Soetta karena menggunakan paspor palsu untuk masuk ke Indonesia. (Foto: Banten Hits/Maya Aulia)

Tangerang – Seorang warga negara Tiongkok berinisial LJC (34) diamankan petugas Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Jumat (10/8/2018). Ia diamankan karena terbukti menggunakan paspor palsu untuk masuk Indonesia.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Bandara Soetta, Enang Supriyadi Syamsi mengatakan, WNA tersebut mencoba mengelabui petugas dengan menggunakan paspor yang diduga palsu untuk masuk ke wilayah Indonesia.

“Ya pukul 01.30 WIB kita tangani WNA mendarat dengan Xianmen Air berkewarganegaraan China yang bersangkutan datang ke Indonesia pada dini hari itu dengan menggunakan paspor Meksiko,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Bandara Seotta Eneng Supriyadi.

BACA JUGA: Pengawasan WNA di Bandara Soetta Ditingkatkan Jelang Asian Games

Blanko paspor Meksiko yang digunakan LJC menyerupai asli, namun tetap dapat terdeteksi oleh petugas. LJC mengaku membeli paspor tersebut seharga 300 Yuan.

“Sepertinya ini blanko paspornya asli. Kemudian mereka melalui sindikat tertentu. Menurut pengakuan sementara dari yang bersangkutan bahwa blanko diperoleh di China, dibeli melalui online shop dengan harga 300 Yuan,” ungkapnya.

Kata Enang, LJC memanfaatkan waktu dan menunggu petugas lengah. Kebanyakan WNA yang bermasalah umumnya mencari penerbangan malam dan dini hari untuk masuk ke Indonesia.

“Kemungkinan mereka mencari kelengahan petugas, mereka mendarat pada dini hari saat petugas mulai lelah. Mereka datang menggunakan penerbangan lowcost,” ungkapnya.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Kedutaan China untuk Indonesia di Jakarta. LJC segera dipulangkan ke negara asalnya.

“Biarkanlah ranah hukumnya nanti negara asal yang menghukum yang bersangkutan,” imbuhnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...