BPN Banten Sarankan Bupati Pandeglang Masukan Anggaran PTSL ke APBD, Ini Alasannya

Date:

KEPALA KANWIL BPN BANTEN ANDRI TANDRI ABENG
Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Agraria, Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Provinsi Banten Andri Tandri Abeng.(Banten Hits/ Engkos Kosasih)

Pandeglang – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Agraria, Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Provinsi Banten, Andri Tandri Abeng menyarankan Bupati Pandeglang Irna Narulita memasukan anggaran Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) ke dalam APBD Pandeglang tahun 2019.

Pasalnya, hingga saat ini masih banyak bidang tanah di Kabupaten Pandeglang belum memiliki sertifikat. BPN perlu dukungan dari Pemerintah Kabupaten Pandeglang untuk menyertifikatkan atau mendaftarkan bidang tanah yang ada di Kabupaten Pandeglang.

Hal itu diungkapkan, Tandri saat menghadiri peresmian Konsolidasi Tanah Kampung Reforma Agraria di Desa Mekarsari, Kecamatan Panimbang, Selasa, 14 Agustus 2018.

“Rencananya di tahun 2019, Pandeglang mendapat jatah 40 ribu PTSL. Kalau kita lihat di Pandeglang ini masih banyak tanah yang belum bersirtifikat, sehingga kami perlu dukungan dari pemda. Kalau bisa dimasukan ke APBD untuk PTSL minimal untuk 20 ribu PTSL. Minimal lokasi di Pandeglang ini terpetakan, sehingga kita tinggal satu tahap lagi untuk sertifikasinya,” kata Tandri saat sambutan.

Menurut Tandri, untuk PTSL tahun 2018 yang jumlahnya mencapai 50 ribu PTSL, ditargetkan pada akhir Agustus sudah selesai pengukurannya. Sehingga untuk sertifikasinya paling lambat di Akhir Desember.

Akan tetapi, lanjut Tandri, BPN belum bisa membagikan sertifikat tanah kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Pandeglang, karena rencananya Presiden Joko Widodo yang akan langsung membagikannya.

“Rencananya Pak Presiden yang akan menyerahkan, sehingga kami tidak bisa menyerahkan, karena ada pesan, agar presiden yang menyerahkan. Teman-teman dari desa sudah meminta sertifikat, tapi kita harus hargai beliau (Presiden),” tandasnya.(Rus)

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...

Lakalantas di Depan Ruko Barcelona Rawa Mekar Jaya Serpong, Dua Orang Luka

Berita Tangsel - Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan...