Connect with us

METROPOLITAN

78 Napi Rutan Rangkasbitung Dapat Remisi Hari Kemerdekaan, 6 Dinyatakan Bebas

Published

on

Napi Rutan Rangkasbitung

Enam dari 78 napi Rutan Rangkasbitung yang mendapat remisi umum Hari Kemerdekaan dinyatakan bebas. (Foto: Banten Hits/Fariz Abdullah)

Lebak – Dari 97 napi yang menghuni Rutan Kelas IIB Rangkasbitung, 78 di antaranya mendapat remis umum Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, Jumat (17/8/2018).

BACA JUGA: Tiga Narapidana Kasus Korupsi di Rutan Pandeglang Batal Dapat Remisi

Plh Kepala Rutan Rangkasbitung Adi Santo mengatakan, 6 napi yang mendapat remisi dinyatakan langsung bebas.

“Enam orang langsung bebas,” kata Adi kepada awak media.

Menurutnya, Eutan Rangkasbitung memiliki kapasitas daya hunian sebanyak 100 orang dan saat ini dihuni oleh 232 orang, dimana 135 merupakan tahanan dan 97 orang merupakan narapidana.

Adi menjelaskan, remisi kepada napi berdasarkan melalui mekanisme sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan. Sidang tersebut memutuskan apakah napi berhak diusulkan mendapat remisi atau tidak. Napi yang layak mendapat remisi adalah napi yang memenuhi syarat administratif dan substantif.

“Minimal sudah menjalani masa hukuman 6 bulan, memiliki skor penilaian evaluasi pembinaan kategori cukup baik dan lain-lain,” jelasnya.

BACA JUGA: Napi Rutan Tangerang Akan Jadi Tim Sorak di Asian Games

“Saya berharap apa yang kami usulkan, realisasinya sama dengan persetujuan dari Dirjen Pemasyarakatan sehingga warga binaan lainnya termotivasi untuk menjalani pembinaan dengan baik dan menjadi lebih baik,” tambahnya.(Nda)

Trending