Anggota Gerakan #2019GantiPresiden di Banten Mayoritas Warga NU

Date:

Koordinator Gerakan #2019GantiPresiden Banten Sudrajat Syahrudin
Koordinator Gerakan #2019GantiPresiden Banten Sudrajat Syahrudin.(Istimewa)

Tangerang – Mayoritas anggota gerakan #2019GantiPresiden di Banten disebut merupakan warga Nahdlatul Ulama atau NU kultural, yakni warga NU yang tak memiliki kartu anggota NU, namun menjalankan kebiasaan ibadah sehari-hari sesuai kebiasaan NU.

Hal tersebut diungkapkan Koordinator Gerakan #2019GantiPresiden Banten Sudrajat Syahrudin dalam wawancara by phone dengan Banten Hits, Kamis malam, 23 Agustus 2018.

“Saya juga agak bingung. Kriteria orang NU dilihat dari sudut pandang yang mana? Apakah dia yang dikatakan NU itu memiliki KTA (kartu tanda anggota) lalu dia ikut pengkaderan di organisasi NU, atau (seseorang disebut warga NU dilihat) dari sudut pandang dari cara ritual pelaksanaan ibadah,” kata Sudrajat.

Jika penyebutan warga NU merujuk ke sudut pandang kedua, lanjutnya, maka warga NU kultural yang tak memiliki KTA jumlahnya jauh lebih banyak di Banten dibanding yang memiliki KTA.

“Jadi kalau kriterianya (disebut warga NU) dari cara ritual beribadah, (yaitu) NU kultural, maka saya bisa katakan mayoritas mereka yang terlibat dalam gerakan #2019GantiPresiden adalah orang-orang NU,” ungkap Sudrajat.

Sebelumnya, saat merespons pemberian kartu anggota NU oleh Ketua PBNU Said Aqil Siroj untuk Prabowo Subianto, Sudrajat menyebut sikap Said mencerminkan NU sebagai organisasi Islam terbesar yang terbuka dan tidak ekslusif.

BACA JUGA: Prabowo Dapat Kartu NU, Koordinator Gerakan #2019GantiPresiden Ajak Warga NU Banten Rapatkan Barisan

Sebagai warga NU kultural di Banten, Syahrudin menyambut baik pemberian kartu tanda anggota NU untuk Prabowo Subianto.

“Secara pribadi sebagai warga NU kultural saya sangat menyambut baik atas terbitnya Katanu bagi pak Prabowo. Suka maupun tidak suka, adalah sebuah fakta bahwa NU merupakan ormas Islam terbesar direpublik ini,” jelasnya melalui pesan singkat kepada Banten Hits, Jumat, 17 Agustus 2018.

“NU memiliki peran strategis dalam menjaga moral bangsa. Seingat saya, Pak Prabowo mengurus katanu (kartu tanda anggota NU) ini tidak ujug-ujug saat beliau mendeklarasikan diri sebagai capres, melainkan beliau mengurus katanu ini sejak dua tahun lalu,” paparnya.(Rus)

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Real Count Pilpres 2024 KPU Sudah 50 Persen Lebih, Prabowo-Gibran Makin Kokoh

R Berita Pilpres - Pasangan calon presiden dan wakil presiden...

Update Real Count Pilpres 2024 KPU dan Quick Count 10 Lembaga Survei Per 15 Februari 2024

Berita Pilpres - Posisi pasangan calon presiden dan wakil...

Data Real Count KPU Hampir 40 Persen, Anies-Muhaimin Hanya Unggul di Aceh

Berita Pilpres - Data pada real count Komisi Pemilihan...