Connect with us

METROPOLITAN

Hasil UN SMP Anjlok, Bupati Pandeglang Rombak 28 Kepsek

Published

on

Bupati Pandeglang Irna Rombak Kepsek

Bupati Pandeglang Irna Narulita merombak jabatan 28 kepsek. Langkah tersebut dilakukan buntut dari anjloknya hasil UN. (Banten Hits/Engkos Kosasih)

Pandeglang – Bupati Pandeglang Irna Narulita melantik 28 kepala sekolah (kepse) SMP, Senin (27/8/2018). Perombakan tersebut diakui Irna bagian dari upaya pembenahan terhadap kualitas pendidikan, khususnya di tingkat SMP.

Irna pun menegaskan, perombakan 28 kepsek tersebut merupakan buntut dari anjloknya hasil Ujian Nasional (UN) SMP pada April 2018. Kabupaten Padneglang menempati peringkat terendah se-Provinsi Banten dengan nilai 163.62.

“Salah satunya itu, karena nilai UN yang anjlok. Saya selalu sampaikan kenapa bisa begitu? Berarti ada sistem yang salah,” kata Irna usai pelantikan.

BACA :  Buruh di Cilegon Tuding Sistem Pengupahan PT Dongjin Indonesia Tak Sesuai PKB

Irna melihat anjloknya hasil UN karena ada yang salah pada manajemen pendidikan. Sehingga perlu dilakukan pergeseran pimpinan sekolah.

Irna juga merombak korwil pendidikan di 13 kecamatan. Dia menilai, buruknya prestasi kelulusan bukan semata-mata manajemen pimpinan yang belum berjalan baik, namun dipengaruhi pula oleh sinergi antar korwil yang kurang optimal.

“Mungkin pengawas tidak jalan, korwil tidak sinergi dengan kadis,” sebutnya.

Rombak kepsek lantaran anjloknya hasin UN dibenarkan Kepala Dinas Pendidikan Pandeglang Olis Solihin. Langkah tersebut diharapkan bisa memperbaiki nilai kelulusan pada tahun depan.

Namun ada beberapa faktor lain jyang uga menjadi pertimbangan. Salah satunya soal beberapa kepsek yang mengeluh soal kenyamanan dalam memimpin sekolah.

BACA :  Pria 40 Tahun Tewas Tertabrak KRL Serpong-Rangkasbitung

“Ini untuk kebutuhan organisasi, merespon beberapa Kepsek yang merasa tidak nyaman memimpin sekolah. Sehingga kami akomodir dengan menggeser jabatan. Lagi pula ada kekosongan di SMP 1 Menes,” tandasnya.(Nda)



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler