Connect with us

METROPOLITAN

Kemendikbud Pamerkan Puluhan Lukisan Karya Pasien RSJ di Terminal 3 Bandara Soetta

Published

on

Lukisan Dipamerkan di Bandara Soetta

Salah satu lukisan yang dibuat pasien RSJ dipamerkan di Terminal 3 Bandara Soetta. (Banten Hits/Hendra Wibisana)

Tangerang – Direktorat Jenderal Kesenian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memamerkan 40 lukisan karya para pasien Rumah Sakit Jiwa (RSJ), di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang.

Puluhan lukisan memikat perhatian para calon penumpang domestik maupun luar negeri. Selama dua pekan, karya para pasien ini bisa pengunjung lihat di area keberangkatan antara pintu C dan D terminal 3.

“Kita ingin memberikan edukasi kepada masyarakat, bahwa orang dengan kebutuhan khusus fisik dan mental dapat berkarya, salah satunya karya seni,” terang Direktur Kesenian Kemendikbud, Restu Gunawan, Kamis (30/8/2018).

BACA JUGA: Kreasi Lukisan Michael Tube, Narapidana Asal Jerman yang Mempesona

BACA :  Seorang Petani di Pandeglang Tewas Tersambar Petir

Karya para pasien RSJ tersebut nantinya juga akan dipamerkan pada Festival Bebas Batas 2018 yang diselenggarakan Kemendikbud, di Galeri Nasional lndonesia, dan Art Brut Indonesia selanjutnya.

“Festival Bebas Batas 2018 dilaksanakan pada bulan Oktober,” ujarnya.

Sementara itu, Deputi Executive General Manager Of Airport Operation Bandara Soetta Djodi menyambut baik dan mengapresiasi puluhan hasil karya yang menghiasi terminal 3.

“Ini sebagai bentuk sumbangsih dari Angkasa Pura II. Bagaimana ikut berpartisipasi, setidaknya kita mengapresiasi karya seni yang konon ini dibuat oleh para seniman yang mempunyai keterbatasan atau disabilitas. Bahkan mereka sama sekali tidak memiliki latar belakang seni,” kata Djodi.(Nda)



Terpopuler