Connect with us

METROPOLITAN

Jumlah Dokter Gigi di Lebak Belum Ideal, Sementara Bidan Sudah Over Load

Published

on

Ilustrasi Dokter Gigi

Jumlah dokter gigi di Lebak belum ideal. Foto: Ilustrasi/kompas.com

Lebak – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak menyatakan, jika kabupaten terluas di Provinsi Banten ini masih kekurangan dokter gigi untuk memenuhi pelayanan di puskesmas.

Kepala Dinkes Lebak Maman Sukirman mengakui, dari 71 jumlah dokter, Lebak hanya memiliki 21 dokter gigi. Jumlah tersebut dianggap belum ideal.

“Idealnya di puskesmas non perawatan, itu masing-masing satu dokter, baik umum dan dokter gigi, sedangkan untuk puskesmas DTP (Dengan Tempat Perawatan) minimal dua,” kata Maman, Jumat (31/8/2018).

BACA JUGA: Lebak Masih Kekurangan Guru dan Tenaga Kesehatan

Begitu juga dengan jumlah perawat. Maman mengatakan, jika pemkab mengizinkan seluruh puskesmas berstatus DTP, maka secara otomatis butuh penambahan tenaga perawat.

BACA :  Begini Pesan Airin Saat Hadiri Sarasehan Osis di SMP Al Azhar

“Ya, kalau bupati mengizinkan seluruh puskesmas DTP, kita butuh (tambahan) perawat,” ujarnya.

Namun, kondisi berbeda jika dibandingkan dengan jumlah bidan. Maman menganggap, dengan jumlah bidan yang sudah sebanyak 857 orang maka sudah over load.

“Kalau bidan kita sudah over load,” kata Maman.

Kata dia, Pemprov Banten belum lama ini menembuskan informasi akan adanya pengangkatan tenaga kontrak. Hal tersebut akan berpengaruh pada jumlah tenaga yang dibutuhkan.

“Pemkab sudah menganggarkan Rp13 miliar untuk supporting staf, di mana yang dibutuhkan adalah dokter dan apoteker. Ini sesuai dengan Permenkes Nomor 75 tahun 2014 yang mengatur tentang standar ketenagaan.(Nda)



Terpopuler