Kampung PHBS Kota Tangerang Dorong Peran Aktif Warga Ciptakan Lingkungan Sehat

Date:

Arief Kunjungi Kampung PHBS
Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah saat mengunjungi kampung PHBS di Cipondoh Makmur (Dok: Humas Pemkot Tangerang)

Tangerang – Hingga tahun 2018, sebanyak 152 RW di Kota Tangerang sudah menjadi kampung sehat atau Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Pembentukan kampung PHBS di Kota Tangerang dilakukan bertahap sejak tahun 2016 dengan membentuk 26 kampung PHBS kemudian 39 dibentuk pada tahun 2017 bertepatan dengan HUT Kota Tangerang.

“Selanjutnya bertepatan pada HUT RI ke 72 dibentuk 26 kampung PHBS dan terakhir pada Hari Kesehatan Nasional sebanyak 62 RW, jadi total keseluruhan 152 RW,” kata Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinkes Kota Tangerang. dr. Darto, Senin (3/9/2018).

Darto menjelaskan, PHBS bukan sebatas membentuk sebuah RW menjadi kampung yang bersih dengan bantuan anggaran dari pemerintah, melainkan merubah perilaku hidup masyarakat yang tinggal di lingkungan tersebut.

“Yang kita bentuk itu bukan hanya lingkungan fisiknya, melainkan bagaimana mengajak masyarakat untuk berperan aktif memperbaiki lingkungannya menjadi lebih sehat,” jelasnya.

Pembentukan kampung PHBS merupakan kerja sama dengan Forum Kota Tangerang Sehat (FKTS) dan PKK serta OPD terkait.

“Misalnya infrastruktur jalan kita koordinasi dengan Dinas PUPR, kalau untuk tanaman dan budidaya ikan kita koordinasikan dengan Dinas Pertanian dan CSR perusahaan,” ujarnya.

Pihaknya berharap, masyarakat yang lingkungannya tidak termasuk dalam program tersebut bisa turut serta menjadikan lingkungan sebagai kampung sehat yang mandiri.

“Alhamdulillah, memang ada juga kampung yang tidak termasuk kampung kumuh tapi ingin ikut menjadi kampung PHBS, kita harapkan semua kampung bisa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat,” katanya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...