KTNA Khawatir Gerakan Tanam di Pandeglang Tak Berjalan Optimal

Date:

Kekeringan di Tangerang

Pandeglang – Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) mengkhawatirkan, gerakan tanam (gertam) jagung dan kedelai di Kabupaten Pandeglang tak bisa berjalan optimal.

Kekhawatiran KTNA melihat kondisi lahan pertanian yang mengalami kekeringan akibat kemarau panjang.

BACA JUGA: Lahan Gertam Kekeringan, Irna Instruksikan Distan Kirim Pompa Air

“Saya menerima aduan kalau petani ketika mau menanam jagung, lahannya kering. Saya khawatir, program yang harus dilaksanakan bulan kemarin tidak berjalan karena kekeringan, sementara benih sudah dikirim, ini jadi simalakama,” kata Ketua KTNA Pandeglang, Anton Haerusyamsi, Senin (3/9/2018).

Seharusnya kata Anton, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang melalui Dinas Pertanian (Distan) sudah bisa mengantisipasi kondisi tersebut agar para petani tidak membuat bingung para petani ketika kekeringan melanda.

“Harusnya sudah dipersiapkan jauh-jauh hari agar petani tetap bisa bertanam meski kemarau. Mesin pompa air di setiap kelompok tani memang ada, cuma selang nya tidak cukup karena hanya 20 meter, sementara lahan yang harus dialiri luas,” papar anggota DPRD Pandeglang dari Fraksi Golkar tersebut.

BACA JUGA: Kekeringan di Pandeglang, Warga Butuh Bantuan Air Bersih

Diketahui, kekeringan terjadi di 13 kecamatan meliputi Kecamatan Picung, Sindangresmi, Angsana, Munjul, Patia, Sobang, Bojong, Cikeusik, Cigeulis, Cibaliung, Pandeglang, Cadasari, dan Mekarjaya. Kekeringan juga menyebabkan warga sulit mendapat air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.(Nda)

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...

Pemindah-tanganan Aset Karantina Hewan Pemkab Tangerang yang Kini Diduga Dikuasai Pengembang Masih Misterius

Berita Tangerang - Proses pemindah-tanganan aset milik Pemkab Tangerang...