Koalisi Prabowo-Sandi Temukan 25 Juta Pemilih Ganda, Gerindra Telusuri Kemungkinan Terjadi di Banten

Date:

Desmond Mahesa
Ketua DPD Gerindra Banten yang juga Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond J. Mahesa menyebut pihaknya sedang menelusuri kemungkinan pemilih ganda terdapat di Banten.(FOTO: Dok.Banten Hits)

Tangerang – Koalisi Prabowo-Sandi menemukan 25 juta pemilih ganda terdapat dalam 137 juta daftar pemilih sementara (DPS) yang dibuat Komisi Pemilihan Umum (KPU).  Rencananya, KPU akan memperbaharui DPS kemudian menetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT), Rabu, 5 September 2018.

Dikutip dari CNNIndonesia.com, Sekjen Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mustafa Kamal mengatakan, KPU tengah memperbaharui DPS menjadi DPT. Dalam DPS yang tengah difinalisasi menjadi DPT tersebut ada 185.994.374 pemilih Pemilu 2019.

“Dari 137 jutaan pemilih dalam DPS terdapat 25.410.615 pemilih ganda dibeberapa daerah. Bahkan di beberapa tempat ditemukan sampai 11 kali digandakan,” kata Mustafa saat konferensi pers di kawasan SCBD, Jakarta, Senin malam, 3 September 2018.

Menyikapi temuan ini, Ketua DPD Gerindra Banten yang juga Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond Junaidi Mahesa mengaku sedang menelusuri kemungkinan pemilih ganda terdapat di Banten.

“Lg ditelusuri,” kata Desmond melalui WhatsApp menjawab pertanyaan Banten Hits soal kemungkinan pemilih ganda terdapat di Banten, Selasa, 4 September 2018.

KPU Provinsi Banten telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2019 sebanyak 7.452.971 jiwa, tersebar di delapan kabupaten dan kota, terdiri dari 3.764.991 pemilih laki-laki dan 3.684.980 pemilih perempuan.

BACA JUGA: KPU Banten: DPT Pemilu 2019 Sebanyak 7,4 Juta Jiwa

Jumlah DPT tersebut setelah proses pencocokkan penelitian atas daftar pemilih di kabupaten dan kota. Sementara, jumlah TPS di Banten sebanyak 33.107.

“Kami sudah umumkan DPT ini di PPS masing-masing kabupaten dan kota sejak kemarin,” kata Ketua Divisi Program dan Data informasi KPU Banten, Agus Sutisna seusai rapat pleno terbuka rekapitulasi DPT Pemilu 2019, di Le Dian Hotel, Kota Serang, Rabu 29 Agustus 2018.(Rus)

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Real Count KPU Hampir 50 Persen, Airin Rachmi Diany Caleg DPR RI Paling Digdaya di Banten

Berita Banten - Airin Rachmi Diany menjadi Calon Anggota...

Kejutan Suara PSI di Tangerang Raya, Ungguli Sementara PAN dan Demokrat di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Data real count KPU hingga Sabtu...

Real Count Pilpres 2024 KPU Sudah 50 Persen Lebih, Prabowo-Gibran Makin Kokoh

R Berita Pilpres - Pasangan calon presiden dan wakil presiden...