Menikmati Hari Tua, Hanya Ini Harapan Pasutri Lansia di Cibitung Pandeglang

Date:

Pasutri di Pandeglang Tinggal di Gubuk
Amir berharap di usianya yang sudah tua, ia bisa tinggal bersama istrinya di rumah yang layak. (Banten Hits/Engkos Kosasih)

Pandeglang – Tidak banyak yang diinginkan Amir, warga Kampung Bangkit, Desa Kiarajangkung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Pandeglang.

Di usianya yang sudah menginjak 86 tahun, Amir hanya ingin menikmati hari tua bersama istrinya, Isah (72) dengan hidup tenang memiliki tempat tinggal yang layak.

Tidak ada yang bisa diharapkan oleh Amir untuk memperbaiki gubuk berukuran 5×5 meter yang menjadi tempat tinggalnya kini bersama Isah. Berharap kepada keempat anaknya juga tidak mungkin lantaran kondisi ekonomi keempat anaknya yang juga serba kekurangan.

Bersama istrinya, Amir tinggal di gubuk yang setiap kali hujan turun selalu bocor. (Banten Hits/Engkos Kosasih)

“Rumah kami rusak parah, saya khawatir kalau hujan sudah pasti bocor karena atap sudah pada rusak. Mau minta bantuan ke anak, buat mereka sendiri aja susah,” tutur Amir saat ditemui, Selasa (11/9/2018).

Tempat tinggal Amir dan Isah yang berdinding bilik bambu dan beratap daun rumbia memang sudah sangat memprihatinkan. Ironinya, kondisi tersebut luput dari perhatian pemerintah daerah.

Kepala Desa Kiarajangkung, Tabroni mengaku, sudah sudah mengajukan bantuan agar tempat tinggal Amir mendapat program RTLH dari Dinas Sosial. Sayang, sampai saat ini bantuan belum terealisasi.

“Tahun lalu kita usulkan 40 rumah, sekarang kita usulkan lagi. Saya harap pemerintah bsia segera merealisasikan,” katanya.

Menurut Tabroni, tidak sedikit warga  yang nasibnya seperti Amir, tinggal di rumah yang tidak layak huni. Bukan hal mudah kata dia mengentaskan kemiskinan, butuh kebijakan yang komprehensif dan berkesinambungan.

Data dari Dinsos Pandeglang menyebut. masih ada 30 ribu warga miskin yang belum tercover oleh bantuan sosial dari pemerintah.

BACA JUGA: Kartu Berkah Janji Kampanye Irna Narulita Belum Dicetak, Dinsos: Tunggu Kesiapan APBD

Pemkab Pandeglang akan menjamin warga miskin tersebut melalui Kartu Berkah yangmenjadi salah satu program unggulan Bupati Pandeglang Irna Narulita. Sayangnya,hampir tiga tahun kepemimpinannya, kartu tersebut belum diterima warga.

.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...