Deklarasi Dukungan Jokowi-Ma’ruf di Ponpes Al Muawanah Terindikasi Melanggar

Date:

Komisioner Bawaslu Pandeglang Karsono soal Deklarasi di Ponpes Al Muawanah
Komisioner Bawaslu Pandeglang Karsono saat menjelaskan indikasi pelanggaran saat deklarasi dukungan di Ponpes Al Muawanah.(Banten Hits/ Engkos Kosasih)

Pandeglang – Sejumlah ormas di Pandeglang mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin di Ponpes Al Muawanah, Jalan Raya Labuan, Kampung Bonjer, Desa Menes, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang, Rabu, 19 September 2018.

BACA JUGA: Sejumlah Ormas di Pandeglang Deklarasi Dukung Jokowi-Ma’ruf di Ponpes Al Muawanah Menes

Kegiatan politik praktis di lingkungan pendidikan ini disoroti Bawaslu Kabupaten Pandeglang. Bawaslu menilai, kegiatan yang diketuai Ustaz Aziz Nurdin diduga telah melanggar Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum atau Pemilu dan PKPU nomor 23 Tentang Kampanye.

“Saya menyayangkan (deklarasi itu digelar di ponpes) yah. Dalam pandangan kami lembaga pendidikan tidak boleh ada kegiatan aktivitas Politik,” kata Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Pandeglang, Karsono di ruangannya, Kamis, 20 September 2018.

Peringatan Panwaslu Kecamatan Menes Tak Digubris

Karsono menjelaskan, sebelum pelaksanaan deklarasi tersebut, pihaknya melalui Panwaslu Kecamatan Menes telah mengingatkan agar kegiatan tersebut digeser lokasinya, akan tetapi tidak diindahkan.

“Upaya pencegahan sudah kami lakukan. Kita akan kordinasi dengan Panwas Kecamatan Menes, kalau hasil analisa kita ada indikasi pelanggaran kita akan panggil ketua pelaksananya,” tegasnya.

Mantan Ketua Bawaslu Pandeglang itu mengimbau partai politik anapun tidak menggunakan fasilitas pendidikan dan sarana ibadah dalam berkampanye.

“Hargai lembaga pendidikan, biar terjaga khitahnya sebagai lembaga pendidikan. Tidak boleh ada kegiatan politik,” tandasnya.

Ormas di Kabupaten Pandeglang yang menyatakan dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf, di antaranya GP Ansor, KNPI, AMS, PMII, IPNU, LDNU dan PBNU serta perwakilan Majelis Taklim dan para santri di Pandeglang.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Real Count Pilpres 2024 KPU Sudah 50 Persen Lebih, Prabowo-Gibran Makin Kokoh

R Berita Pilpres - Pasangan calon presiden dan wakil presiden...

Update Real Count Pilpres 2024 KPU dan Quick Count 10 Lembaga Survei Per 15 Februari 2024

Berita Pilpres - Posisi pasangan calon presiden dan wakil...

Data Real Count KPU Hampir 40 Persen, Anies-Muhaimin Hanya Unggul di Aceh

Berita Pilpres - Data pada real count Komisi Pemilihan...