BKP Cilegon Awasi Ketat Pengiriman Daging Celeng untuk Pakan Satwa Ragunan

Date:

BKP Cilegon Awasi Distribusi Daging Celeng
Focus Group Discussion Solusi Penanganan Lalu Lintas Daging Celeng. Selain di Sumatera, pengawasan ketat terhadap distribusi daging celeng untuk kebutuhan pakan satwa di kebun binatang Ragunan juga dilakukan BKP Cilegon. (Banten Hits/Iyus Lesmana)

Cilegon – Setiap bulan, kebutuhan daging celeng untuk pakan satwa di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan mencapai 6,5 ton.

Meski kebutuhan daging celeng cukup besar, namun kabun binatang Ragunan tidak serta merta dengan mudah menerima daging tersebut. Syaratnya, jika babi hutan merupakan hasil buruan maka tidak boleh mengenai perut dan dada.

“Kalau buruan di bagian perut dia nggak, tapi kalau ditembak di bagian kepalanya dia mau,” kata Kepala Badan Karantina Pertanian (BKP) Cilegon, Raden Nurcahyo, Jumat (21/9/2018).

Distribusi daging celeng dari Sumatera ke Ragunan yang sudah dilakukan sejak tahun 1995 kata Raden akan mendapat pengawasan ketat dari BKP baik di wilayah Sumatera maupun Jawa, khususnya dari BKP Cilegon. Mayoritas daging tersebut berasal dari Bengkulu dan Jambi.

“Kalau masalah transportasinya ya si transporter dengan Ragunan, tetapi dengan catatan kelengkapan berkas harus dipenuhi agar tidak menyalahi aturan,” terang Raden.

Berdasarkan data, kebutuhan daging celeng untuk makan satwa di Ragunan tersebut setiap tahun terus mengalami peningkatan. Sehingga pihaknya perlu melakukan pengawasan secara ketat terkait pendistribuasiannya.

Raden menuturkan, sejauh ini pengiriman dari Sumatera ke Jakarta tidak terdapat masalah. Beberapa kasus penyelundupan daging celeng ilegal lantaran tidak memenuhi syarat dan kerap disalahgunakan.

“Pernah diminta mensuplai 15 ton tapi hanya sanggup 6,5 ton, karena dia ingin memberikan daging yang bagus,” ungkapnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...