Gelar Literasi Media, PWI Beri Pemahaman Kades dan Camat di Pandeglang Tentang Kerja Jurnalis

Date:

PWI Kabupaten Pandeglang Gelar Literasi Media
PWI Kabupaten Pandeglang menggelar literasi media yang diikuti oleh kades dan camat. Kegiatan tersebut bertujuan memberikan pemahaman mengenai kerja jurnalis di tengah banyak laporan tentang oknum wartawan yang membuat resah. (Banten Hits/Engkos Kosasih)

Pandeglang – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pandeglang menggelar literasi media, di Gedung Graha Pancasila, Pandeglang, Senin (24/9/2018).

Literasi media dengan tema “Menjaga Keutuhan NKRI tanpa Hoax” tersebut diikuti oleh kepala desa (kades) dan camat. Tujuannya, memberikan pemahaman tentang kerja jurnalis.

Kegiatan tersebut dilatarbelakangi atas banyaknya laporan dan aduan dari para kades dan camat tentang oknum wartawan yang datang dengan kerap memeras.

“Kegiatan ini sangat positif untuk menyampaikan dan memberikan pemahaman bagaimana kerja jurnalis, kode etik dan dasar peraturan yang digunakan para wartawan dalam menjalankan tugasnya,” kata ketua pelaksana Iman Fathurohman.

BACA JUGA: Peras Kontraktor, Aktivis di Pandeglang Ditangkap

“Tau seperti apa ketika menghadapi oknum yang minta uang ke mereka,” sambungnya.

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengapresiasi Literasi Media yang dinilai akan bisa mengantisipasi pemberitaan hoax dan penyalahgunaan informasi.

“Sesuai dengan temanya, sangat bagus untuk mengantisipasi oknum wartawan yang menyalahgunakan informasi,” kata Irna.

Sementara itu, Ketua Apdesi Pandeglang Ibnu Hajar merasa terganggu dengan kehadiran wartawan yang legalitasnya belum jelas. Ia berharap literasi media bisa terus dilakukan setiap tahun.

“Kami tidak anti dikritik, tetapi ketika menghadapi wartawan yang legalitasnya belum jelas akhirnya kami batasi diri. Kami sangat senang acara seperti ini, karena kami bisa konsultasi dan tukar pikiran,” tuturnya.

Kegiatan juga dihadiri Ketua Dewan Pers Yosef Adi Prasetyo, Sekretaris PWI Banten Cahyono Adi, Kepala DPMPD Pandeglang Taufik Hidayat, dan anggota DPR RI Dimyati Natakusumah. Namun, kepala desa dari sejumlah kecamatan seperti Kecamatan Cigeulis, Cibitung, Carita, Cimanggu, dan Banjar tak mengikuti kegiatan tersebut.(Nda)

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...