Connect with us

Pemilu

KPU Pandeglang Minta Tujuh Parpol Pengusung Jokowi-Ma’ruf Perbaiki Laporan Awal Dana Kampanye

Published

on

Kantor KPU Pandeglang

Kantor KPU Pandeglang.(Banten Hits/ Engkos Kosasih)

Pandeglang – Komisi Pemilihan Umum atau KPU Pandeglang meminta sembilan partai politik peserta Pemilu 2019 di Kabupaten Pandeglang memperbaiki Laporan Awal Dana Kampanye (LADK). 

Dari sembilan partai politik yang belum melakukan persikan LADK tersebut, tujud partai merupakan pengusung pasangan Jokowi-Ma’ruf, yakni PDIP, Nasdem, Perindo, PPP,  Hanura, PBB, dan PKPI. Sementara dua lainnya, yakni PKS dan PAN.

Perbaikan tersebut harus ditempuh sembilan partai lantaran belum melengkapi syarat pelaporan dana awal kampanye, seperti di antaranya laporan yang diserahkan belum dilengkapi tanda tangan ketua parpol dan ada beberapa caleg yang tidak memiliki NPWP.

“Ada sembilan parpol yang harus memperbaiki LADK. Perbaikannya misal kesesuaian format, rincian dari format, pengisian, lampiran, dokumen apakah ditanda tangani oleh pimpinan partai. Dan kemarin ada dokumen yang belum ditandatangi pimpinan parpolnya, seperti PPP,” kata Divisi Hukum KPU Kabupaten Pandeglang Munawar, Kamis, 27 September 2018.

BACA :  PAN Lebak Sepakat Dorong Zulkifli Hasan dan Anies Baswedan Calon Presiden 2024

Munawar menegaskan, setiap parpol diberi kesempatan untuk melengkapi semua kekurangan hingga Kamis depan. Sejauh ini, baru PBB yang sudah menyampaikan berkas perbaikan. 

“Jika sampai batas waktu yang ditentukan para Parpol tidak menyerahkan hasil perbaikan, maka berimplikasi terhadap pembatalan sebagai peserta pemilu di wilayah Pandeglang,” jelasnya.

Lebih jauh Munawar menjelaskan, LADK ini adalah tahap awal bagi Parpol dalam melaporkan dana kampanyenya. Selanjutnya Parpol juga wajib menyerahkan LPSDK dan LPPDK. 

“Laporan dana kampanye yang disampaikan masing-masing parpol, saldo awalnya rata-rata Rp 1 juta. Hanya PDIP yang melaporkan dana awal kampanyenya mencapai Rp 10 juta. Sedangkan parpol dengan dana awal kampanye terkecil yakni PKPI dengan nilai Rp 50 ribu,” jelasnya.

BACA :  TKD Jokowi-Ma'ruf Banten Gelar Nobar Debat, Relawan Bagikan Tabloid Berisi Pemimpin Harus Bisa Jadi Imam Salat

Selain LADK parpol, disampaikan juga LADK pasangan capres dan cawapres dari pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dari masing-masing Tim Kampanye di Kabupaten Pandeglang. 

“LADK laporan awal dana kampanye Tim Jokowi-Ma’ruf Amin bersaldo Rp1 juta. Sedangkan Pasangan Prabowo-Sandi bersaldo nihil. Kalau pasangan Capres tidak perlu melaporkan perbaikan,” paparnya.(Rus)



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler