Tari Kolosal Wangkawa Bumi Surosowan Tampilkan 300 Penari saat Pembukaan Porprov VI Banten 2022

Date:

Tari kolosal Wangkawa Bumi Surosowan tampilkan 300 penari saat pembukaan Porprov VI Banten 2022 di Stadion Benteng Reborn, Ahad, 20 November 2022.(BantenHits.com/ Hendra Wibisana)

Tangerang – Pembukaan Pekan Olahraga Provinsi atau Porprov ke VI Banten 2022, dibuka dengan meriah oleh Pj Gubernur Banten, Al Muktabar di Stadion Benteng Reborn, Kota Tangerang, Ahad, 20 November 2022.

Kota Tangerang yang tampil sebagai tuan rumah berhasil menggelar momen pembukaan Porprov VI Banten 2022 secara meriah dengan menghadirkan grup band ternama yakni Netral. Selain itu, turut ditampilkan tarian tradisional khas wilayah-wilayah yang ada di Banten.

Salah satu yang menarik perhatian adalah penampilan tarian kolosal yang dihadirkan dengan konsep kebudayaan delapan kabupaten kota se-Provinsi Banten dengan melibatkan 300 orang penari yang terdiri dari seniman maupun pegiat seni dari sanggar yang ada di Kota Tangerang.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Pertamanan (Disbudparman) Kota Tangerang, Rizal Ridolloh mengatakan, tarian kolosal yang dihadirkan menggambarkan kehidupan masyarakat Provinsi Banten.

Masyarakat Banten yang beragam, mampu hidup berdampingan satu sama lainnya. Tarian kolosal ini juga menggambarkan kekayaan budaya delapan kabupaten kota di Provinsi Banten.

“Lewat gerak tari, kita berupaya menggambarkan kota kabupaten di Provinsi Banten. Seperti Kabupaten Tangerang dengan ciri konsep Tigaraksa, sedangkan Kota Tangerang yaitu Poris yang merupakan jawara perempuan. Begitu juga dengan kota kabupaten lainnya,” jelasnya.

Ia berharap, dengan penampilan Tari Kolosal Wangkawa Bumi Surosowan dapat menghadirkan rasa kesatuan satu sama lain antar kota kabupaten di Provinsi Banten.

“Stadion Benteng Reborn diharapkan dapat menjadi saksi nyata kesatuan kota kabupaten di Provinsi Banten, tak hanya kebersamaan dan sportivitas lewat ajang olahraga saja, namun kesatuan yang nyata lewat keindahan tari,” harap Rizal.

Sementara itu, Natasyas Sudirman, salah satu penari dari Sanggar Padwadipa mengaku senang dapat terlibat dalam pagelaran pembukaan ajang olahraga terbesar di Provinsi Banten ini.

Ia pun merasa bangga, dapat menampilkan tari kolosal di lapangan Stadion Benteng Reborn yang begitu megah.

“Kami hadir menampilkan dengan penuh rasa satu kesatuan. Tak hanya untuk para atlet yang akan bertanding, tentu untuk seluruh penonton,” serunya.(ADV)

 

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Yuk Serbu! Ada Pameran Buku Murah 17 April -17 Mei 2024 di Mal Ciputra Citra Raya

Berita Tangerang - Kabar baik bagi para pecinta buku....

Rejeki ‘Nomplok’ di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran 2024 untuk 353 ASN Pemkab Tangerang

Berita Tangerang - Rejeki 'nomplok' didapatkan oleh 353 Aparatur...

Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran 2024, Al Muktabar Kebut Persiapan Musrembang

Berita Banten - Hari pertama kerja usai Libur Lebaran...