Connect with us

METROPOLITAN

Gagalnya Lelang Proyek di Pandeglang Mencerminkan Lemahnya Perencanaan

Published

on

Ilustrasi Lelang Proyek

Ilustrasi/suaramerdeka.com

Pandeglang – Sejumlah proyek di Kabupaten Pandeglang mengalami gagal lelang. Dari data yang diperoleh, ada sembilan paket di sejumlah dinas yang gagal dilelang.

BACA JUGA: Tiga Proyek di Kabupaten Pandeglang Senilai Rp5,7 Miliar Gagal Lelang

Ketua Gerakan Mahasiswa Satu Bangsa (Gemasaba) Kabupaten Pandeglang, Rian Supriatna berpendapat, gagalnya lelang sejumlah paket tersebut mencerminkan lemahnya perencanaan pembangunan di kabupaten yang dipimpin Irna-Tanto.

Rian meminta panitia lelang transparan menjelaskan secara jelas mengapa terjadi gagal lelang. Proses lelang kata Rian harus mengacu pada Perpres Nomor 4 Tahun 2015 perubahan keempat atas Perpres 54 tahun 2010.

“Jangan sampai batalnya lelang itu melanggar aturan tersebut, yang seharusnya anggaransudah terserap tapi gagal karena alasan yang tidak rasional,” terang Rian, Sabtu (6/10/2018).

BACA :  Pemkab Pandeglang Tambah Penerima Bantuan Bedah Rumah RTLH

Rupanya, selain tiga paket pekerjaan di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) senilai Rp 5,7 miliar yang gagal lelang, paket pekerjaan yang gagal lelang terjadi Dinkes, Dishub, Diskomsantik dan Dinas Pertanian Pandeglang.

BACA JUGA: Pengusaha Sinyalir Ada Kejanggalan Proses Lelang ULP Pandeglang

Paket pekerjaan itu di antaranya, pembangunan lanjutan atau optimalisasi RS Pratama Menes dengan anggaran Rp 3.400.163.000, pengadaan lampu PJU Solar Rp1.500.000.000, pembangunan garasi Alsintan Rp1.871.940.000, belanja modal pengadaan peralatan studio visual, sebesar Rp 900.000.000, PDAM dan DED SKPD Terpadu.

“Tahun ini yang masuk ke ULP ada 237 paket pekerjaan, yang 222 sudah selesai, sementara sisanya ada 15 paket lagi. Namun, yang 9 agal lelang karena tidak diluncurkan oleh OPD dengan alasan waktu yang tebatas, 1 paket penunjukkan langsung. Sementara yang 4 paket masih proses lelang, minggu depan selesai,” terang Kepala ULP Pandeglang, Asep Rahmat.(Nda)

BACA :  Polisi Tangkap Pelaku Pemerkosaan Wanita di Karang Tengah Tangerang



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler