Connect with us

Pilpres

Bawaslu Banten Putuskan Ma’ruf Tak Terbukti Kampanye di Untirta

Published

on

Ketua Bawaslu Banten Didih M Sudih

Ketua Bawaslu Banten Didih M Sudih. (Banten Hits/ Mahyadi)

Serang – Bawaslu Banten memutuskan calon wakil presiden Ma’ruf Amin dinyatakan tidak terbukti melanggar aturan kampanye saat menghadiri Peringatan Tahun Baru Islam dan Dies Natalis Untirta ke-37, Senin, 17 September 2018.

BACA JUGA: Mahasiswa Demo Tolak Kedatangan Ma’ruf Amin, Rektor Untirta Berang: Akan Saya Usir!

Ketua Bawaslu Banten Didih M. Sudih kepada BantenHits.com, Jumat, 5 Oktober 2018 mengatakan, Ma’ruf dinyatakan tidak melakukan pelanggaran berdasarkan pemeriksaan saksi dan pengumpulan alat bukti dan fakta di lokasi acara. Saat itu, Ma’ruf Amin belum ditetapkan calon wakil presiden.

“Peristiwa terjadi tanggal 17 September, semenatara penetapan pasangan capres-cawapres tanggal 20 September,” jelas Didih lewat telepon selulernya.

BACA :  Ramai-ramai Gugat KPU RI, Giliran Tiga Mantan Timsel Anggota KPU Lebak Tempuh Jalur Hukum

Didih memastikan, pihaknya juga sudah melakukan kajian dan melakukan klarifikasi kepada semua pihak, baik pelapor maupun terlapor.

“Termasuk bukti-bukti berupa surat, berita koran, saksi, dan rekaman,” jelasnya.

Dugaan kampanye Ma’ruf Amin di Untirta dilaporkan aktivis yang juga pengacara alumni Untirta Ferry Renaldi. Dlamm laporan tertuang dengan nomor registrasi 07/LP/Pemilu/11.00/IX/2018, ada tiga pihak yang dilaporkan Ferry, yakni Ma’ruf Amin, Gubernur Banten Wahidin Halim, dan Rektor Untirta Sholeh Hidayat.

BACA JUGA: Alumni Untirta Pelapor Dugaan Kampanye Ma’ruf Amin di Kampus Sayangkan Pembiaran Rektor dan Gubernur

Dari tiga terlapor, Bawaslu Banten hanya meminta klarifikasi Rektor Untirta Sholeh Hidayat, sementara dua terlapor lainnya tak pernah dimintai keterangan.(Rus)

BACA :  Blunder Pemerintah soal Pembatasan Akses Medsos, Warga Bisa Buka Situs Berbahaya yang Diblokir lewat VPN



Terpopuler