TLHP, Pemprov Banten Dapat Predikat Baik dari Mendagri

Date:

Wagub Banten Terima Penghargaan
Wagub Banten, Andika Hazrumy saat menerima penghargaan dari Mendagri Tjahjo Kumolo. Kemendagri memberikan predikat baik kepada Pemprov Banten sebagai provinsi yang menyelesaikan TLHP pemerintah daerah. (Istimewa)

Serang – Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy menerima penghargaan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dalam pembukaan Rapat Pemutakhiran Data Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan (TLHP) tingkat Nasional, di Hotel Grage, Kota Bengkulu, Selasa (9/10/2018).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten mendapat predikat baik dari Mendagri sebagai provinsi yang menyelesaikan TLHP penyelenggaraan pemerintah daerah (Pemda) oleh Inspektorat Jenderal Kemendagri tahun 2017 dan tahun sebelumnya.

Tjahjo Kumolo meminta pemdatetap fokus pada percepatan pembangunan dan tingkat kesejahteraan masyarakatnya. Karena, opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tidak menjamin kinerja pemda sudah pasti baik.

“Yang paling utama yakni dapat mempercepat pembangunan, kemiskinan berkurang dan perekonomian tinggi di atas Nasional,” ujarnya.

Terkait perubahan mekanisme pertanggungjawaban Aparat Pengawas Internal Pemerintahan (APIP) atau inspektorat daerah, tinggal menunggu waktu.

Mendagri menjelaskan, secara struktur, inspektorat daerah tetap menjadi perangkat daerah yang merupakan bagian dari pemda. Namun, tidak lagi bertanggung jawab kepada kepala daerah sebagaimana sebelumnya, melainkan langsung ke Mendagri.

“Karena bila seperti saat ini, tidak mungkin inspektur memeriksa sekda yang jabatannya lebih tinggi,” jelasnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dear, Pemkab dan Pemkot Se-Banten! Pj Gubernur Bilang Jangan Ragu Tempatkan RKUD di Bank Banten

Berita Banten - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota...

Generasi Muda Banten, Ayo Bertani! Sektor Pertanian Punya Potensi Menjanjikan Loh

Berita Banten - Sektor pertanian di Banten memiliki potensi...