KNPI Sayangkan SMKN 2 Kota Tangerang Tak Lakukan Tes Urine saat Penerimaan Siswa Baru

Date:

Tes Urine di Kota Tangerang
Ilustrasi: tes urine di Kota Tangerang. (Dok. Banten Hits)

Tangerang – Wakil Ketua Bidang Pendidikan DPD KNPI Provinsi Banten, Yudhistira Prasasta menyayangkan SMKN 2 Kota Tangerang tidak melakukan tes urine saat penerimaan siswa baru.

Hal itu dikatakan Yudhistira menanggapi dua pelajar sekolah tersebut yang kedapatan mengkonsumsi narkoba jenis ganja sintetis di samping gedung KNPI Kota Tangerang, Senin (22/10/2018).

“Statement kepala sekolah bahwa karena imbauan gubernur Banten terkait larangan pungli pada SMA yang sekarang dinaungi pemprov kemudian tes urine tidak dilakukan karena tidak ada biaya,” ujar Yudhistira, Rabu (24/10/2018).

BACA JUGA: SMKN 2 Kota Tangerang Akui Kecolongan soal Pelajar yang Teler Isap Ganja Sintetis di Samping Gedung KNPI

Ia sangat menyangkan kebijakan tersebut, atau menurutnya tafsir terkait pungli menjadi sangat dangkal dan terlalu digeneralisir.

“Seharusnya tes urine menjadi bagian persyaratan penerimaan peserta didik di seluruh sekolah terutama SMA se-Provinsi Banten, mengingat penyebaran dan penggunaan narkoba sudah sangat meresahkan dan sampai pada level pelajar,” katanya.

Jika memang ada biaya yang harus dikeluarkan untuk tes urine bagi para peserta didik, menurutnya itu adalah hal yang wajar karena peruntukannya jelas, bukan dianggap sebagai pungli.

Jadi, tes urine kata Yudhistira multlak dilakukan sebagai langkah antisipasi.

“Apalagi kalau dilakukan berkala per tahun bagi para peserta didik itu jauh lebih bagus lagi, baik itu melalui subsidi pemerintah dalam bentuk anggaran maupun iuran pribadi atau bisa tes langsung bagi para siswa di BNN atau rumah sakit yang menyediakan fasilitas tersebut. Jangan sampai kebijakan justru menjadi penghambat kemajuan generasi muda yang bersih dan terbebas dari narkoba,” tutupnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...