Pemkab Lebak Hadiri Pengurangan Risiko Bencana Nasional di Medan

Date:

Pemkab Lebak Hadiri bulan Pengurangan Risiko Bencana
Peringatan bulan Pengurangan Risiko Bencana di Kota Medan. (ISTIMEWA)

Lebak – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Dede Jaelani menghadiri peringatan bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB), di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Kabupaten Lebak merupakan salah satu daerah rawan bencana mengingat terdapatnya lempengan sesar Cimandiri yang merupakan titik temu antara lempengan Selat Sunda dan Australia.

Dalam keterangan pers yang diterima BantenHits.com, Rabu (24/10/2018), Dede mengatakan, Lebak merupakan daerah dengan kategori rawan bencana yang cukup tinggi sehingga kegiatan PRB mampu menyodorkan beberapa cara meminimalisir risiko atau dampak dari bencana alam.

“Kegiatan ini merupakan sarana untuk memperkuat pemahaman pemerintah, lembaga usaha dan masyarakat terhadap aktivitas PRB sebagai investasi untuk ketangguhan,” katanya.

Dede menjelaskan, PRB merupakan upaya yang dilakukan secara sistematis untuk menganalisa risiko-risiko dampak bencana terhadap kehidupan dan penghidupan manusia. Menurutnya, investasi PRB perlu dilakukan secara fokus dan inklusif dalam pembangunan berkelanjutan agar manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat.

“Pengurangan risiko bencana tentunya akan menjadi concern dan menjadi bagian integral dari proses pembangunan daerah mulai dari tahapan perencanaan mengingat Lebak merupakan daerah dengan kerawanan bencana kategori tinggi,” jelasnya.

Selain Jambore Nasional Penanggulangan Bencana, dalam peringatan bulan PRB tahun ini juga dilakukan aksi sosial, pameran kebencanaan, dan lain sebagainya.

Untuk diketahui, sejak tahun 2009, Badan PBB UNISDR (United Nations International Strategy for Disaster Reduction) telah menetapkan tanggal 13 Oktober sebagai hari peringatan PRB Internasional (International Day for Disaster Risk Reduction).

Peringatan PRB menjadi pengingat bersama atas kemajuan, keberhasilan, dan capaian dalam meningkatkan ketangguhan bencana. Di Indonesia, bulan peringatan PRB telah menjadi agenda nasional sejak tahun 2013.

Penyelenggaraan peringatan bulan PRB Nasional sebelumnya secara berturut adalah Kota Mataram, NTB (2013), Kota Bengkulu, Bengkulu (2014), Kota Surakarta, Jawa Tengah (2015), Kota Manado, Sulawesi Utara (2016), dan Sorong, Papua Barat (2017).(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pemkab Lebak Kirim Bantuan Rp300 Juta untuk Korban Gempa Cianjur

Berita Lebak- Pemerintah Kabupaten Lebak menyalurkan bantuan untuk penanganan...

Ditertibkan Secara Humanis, Ini Pesan untuk Para PKL di Jalan Kisamaun dan MT Haryono: Jangan Salah Paham!

Berita Kota Tangerang- Petugas gabungan, Satpol PP, Trantib Kecamatan,...

Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kab. Lebak Terbaik ke 3 di Banten

Berita Lebak- Pemerintah Kabupaten Lebak meraih peringkat terbaik ke...

Indeks Reformasi Hukum Kabupaten Lebak 2022 Paling Baik di Banten, Empat Hal Ini yang Jadi Penilaiannya

Berita Lebak- Indeks Reformasi Hukum atau IRH Kabupaten Lebak...